• JURNAL TUNAS PENDIDIKAN
    Vol 4 No 1 (2021)

     Jurnal Tunas Pendidikan merupakan jurnal dibawah naungan Prodi PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo, yang berisi tentang naskah artikel hasil kajian dan penelitian dalam bidang pendidikan dasar. Jurnal ini difokuskan untuk mewadahi publikasi ilmiah dari hasil penelitian dosen, mahasiswa dan guru baik pada jenjang SD, SMP, ataupun SMA. Jurnal ini diterbitkan 2 kali dalam satu tahun, yakni setiap bulan Oktober dan Februari.

  • JURNAL TUNAS PENDIDIKAN
    Vol 3 No 2 (2021)

    JURNAL TUNAS PENDIDIKAN VOLUME 3 NO 2 TAHUN 2021 MENERBITKAN ARTIKEL HASIL PENELITIAN MULTIDISIPLIN ILMU DENGAN JUDUL SEBAGAI BERIKUT: 1) PEMECAHAN MASALAH BERBASIS KONTEKSTUAL UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA. 2) FAKTOR PEMBENTUK MINAT SISWA PUTRI KELAS V DAN VI DALAM MENGIKUTI EKSTRAKURIKULER BOLA VOLI DI SD NEGERI 180/II MULIA BHAKTI KECAMATAN PELEPAT KABUPATEN BUNGO. 3) HASIL BELAJAR MATERI FPB DAN KPK MELALUI METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF STAD. 4) MODEL PEMBELAJARAN IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN VAK DAN PBL DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMP MUHAMMADIYAH 33 JAKARTA. 5) PENGARUH KARAKTERISTIK INDIVIDU DAN GAYA KEPEMIMPINAN TERHADAP KINERJA GURU SMA NEGERI 3 MUARA BUNGO. 6) MANAJEMEN PENDIDIKAN SEKS PADA ANAK PENYANDANG TUNAGRAHITA. 7) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOPERATIF TIPE JIGSAW MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA. 8) An AN ANALYSIS OF MATHEMATICAL REASONING ABILITY IN PROBLEM SOLVING WORD PROBLEM BASED ON GENDER AT UNIVERSITAS MUHAMMADIYAH LAMONGAN. 9) PENERAPAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING UNTUK MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BAGI PESERTA DIDIK. 10) PENINGKATAN HASIL BELAJAR PKn MENGGUNAKAN MODEL ROLE PLAYING PADA PESERTA DIDIK KELAS V SDN O4. 11) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN METODE NUMBER HEAD TOGETHER DI KELAS V SDN 131/II SKB. 12) ANALISIS PELAKSANAAN KINERJA GURU SD NEGERI 94/II MUARA BUNGO. 13) PENERAPAN METODE DEMONSTRASI UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA. 14) MENINGKATKAN KETERAMPILAN GURU SEKOLAH DASAR DALAM MENETAPKAN KRITERIA KETUNTASAN MINIMAL MELALUI WORKSHOP DI SD. 15) UPAYA MENINGKATKAN MINAT, MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR LOMPAT JAUH GAYA HANG STYLE DENGAN MEDIA BOLA GANTUNG BAGI SISWA KELAS XI SMK. 16) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL PROBLEM BASED LEARNING PADA SISWA KELAS III SEKOLAH DASAR.

     Jurnal Tunas Pendidikan merupakan jurnal dibawah naungan Prodi PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo, yang berisi tentang naskah artikel hasil kajian dan penelitian dalam bidang pendidikan dasar. Jurnal ini difokuskan untuk mewadahi publikasi ilmiah dari hasil penelitian dosen, mahasiswa dan guru baik pada jenjang SD, SMP, ataupun SMA. Jurnal ini diterbitkan 2 kali dalam satu tahun, yakni setiap bulan Oktober dan Februari.

  • JURNAL TUNAS PENDIDIKAN
    Vol 3 No 1 (2020)

     JURNAL TUNAS PENDIDIKAN VOLUME 3 NO 1 TAHUN 2020 MENERBITKAN ARTIKEL HASIL PENELITIAN MULTIDISIPLIN ILMU DENGAN JUDUL SEBAGAI BERIKUT: 1) KONTRIBUSI PEMBELAJARAN AIK TERHADAP PELAKSANAAN IBADAH SHALAT MAHASISWA STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO. 2) PENINGKATAN, HASIL BELAJAR, MODE PENINGKATAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IV MELALUI MODEL PENGAJARAN TERBALIK. 3) A PENINGKATAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN MODEL PPR PADA SISWA KELAS III SDN 127/II SUNGAI ARANG KECAMATAN BUNGO DANI. 4) PENINGKATAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING DI KELAS XII TKJ SMK NEGERI 1 MUARA BUNGO. 5) KEMAMPUAN MENULIS TEKS PROSEDUR SISWA KELAS X OTKP SMK NEGERI 1 MUARA BUNGO KABUPATEN BUNGO. 6) MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR AKUNTANSI SISWA DALAM KOMPETENSI DASAR MENGELOLA KARTU PIUTANG DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS XI AKUNTANSI 2 SMK NEGERI 1 MUARA BUNGO. 7) UPAYA MENINGKATKAN KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIKA DENGAN MENERAPKAN MODEL PEMBELAJARAN SAINTIFIK PADA SISWA KELAS X AK2 SMK NEGERI 1 MUARA BUNGO. 8) MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERKOMUNIKASI BAHASA INGGRIS MELALUI AUDIO LINGUAL METHOD PADA SISWA KELAS X AKUNTANSI 1 SMK NEGERI 1 BUNGO. 9) PENERAPAN STRATEGI KWL (KNOW, WANT TO KNOW, LEARNED) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS III DI SD NEGERI 12 KOTO BARU KECAMATAN KUBUNG KABUPATEN SOLOK. 10) PENGEMBANGAN PEMBELAJARAN LEMPAR LEMBING MENGGUNAKAN MEDIA ROKET. 11) PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS TEKS BERITA MELALUI STRATEGI THINK TALK WRITE DENGAN MENGGUNAKAN FOTO PERISTIWA. 12) MEMBANGUN BUDAYA ORGANISASI.

    Jurnal Tunas Pendidikan merupakan jurnal dibawah naungan Prodi PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo, yang berisi tentang naskah artikel hasil kajian dan penelitian dalam bidang pendidikan dasar. Jurnal ini difokuskan untuk mewadahi publikasi ilmiah dari hasil penelitian dosen, mahasiswa dan guru baik pada jenjang SD, SMP, ataupun SMA. Jurnal ini diterbitkan 2 kali dalam satu tahun, yakni setiap bulan Oktober dan Februari.

  • JURNAL TUNAS PENDIDIKAN
    Vol 2 No 2 (2020)

    JURNAL TUNAS PENDIDIKAN VOLUME 2 NO 2 TAHUN 2020 MENERBITKAN ARTIKEL HASIL PENELITIAN MULTIDISIPLIN ILMU DENGAN JUDUL SEBAGAI BERIKUT: 1) PEMANFAATAN ADOBE FLASH SEBAGAI DASAR PENGEMBANGAN BAHAN AJAR FISIKA : STUDI LITERATUR. 2) PEMBENTUKAN KARAKTER MELALUI KEGIATAN EKSTRAKURIKULER ROHIS DI SMA NEGERI 1 MENDO BARAT. 3) PENERAPAN METODE EKSPERIMEN DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA KONSEP KALOR KELAS VII.1 SMPN 7 MUARA BUNGO. 4) MENINGKATKAN KEMAMPUAN PESERTA DIDIK MENULIS TEKS DESCRIPTIVE MATA PELAJARAN BAHASA INGGRIS MENGGUNAKAN MODEL MIND MAPPING. 5) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN QUANTUM LEARNING SISWA KELAS VII6 SMPN 4 MUARA BUNGO TAHUN PELAJARAN 2015/2016. 6) PENGARUH VARIASI PASSING DAN TARGET TERHADAP KETEPATAN PASSING MENGGUNAKAN KAKI BAGIAN DALAM PEMAIN SEPAK BOLA TIM SMPN 7 MUARO JAMBI. 7) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA SMPN 7 MUARO JAMBI MATA PELAJARAN BAHASA INDONESIA MELALUI PENERAPAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING. 8) PENGGUNAAN MEDIA DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN PERUBAHAN LINGKUNGAN FISIK TERHADAP DARATAN. 9) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBER HEAD TOGETHER PADA SISWA KELAS V SDN 219/II BTN LINTAS ASRI KECAMATAN BUNGO DANI. 10) METODE PEMBELAJARAN DISCOVERY TERBIMBING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA PADA SISWA KELAS VII.1 SMP NEGERI 01 MUARA BUNGO TAHUN PELAJARAN 2018/2019.

     JURNAL TUNAS PENDIDIKAN STKIP Muhammadiyah Muara Bungo merupakan jurnal penelitian dan karya ilmiah diterbitkan oleh Prodi PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo yang terbit dua kali setahun (Oktober & Februari). Jurnal TUNAS PENDIDIKAN menerima naskah ilmiah hasil penelitian, telaah, maupun review dalam bidang pendidikan untuk dipublikasikan pada jurnal ini. Naskah yang diterima akan disunting dan dievaluasi. Penyuntingan dilakukan untuk keseragaman format tanpa mengubah maksud.

  • JURNAL TUNAS PENDIDIKAN
    Vol 2 No 1 (2019)

    JURNAL TUNAS PENDIDIKAN VOLUME 2 NO 1 TAHUN 2019 MENERBITKAN ARTIKEL HASIL PENELITIAN MULTIDISIPLIN ILMU DENGAN JUDUL SEBAGAI BERIKUT: 1) PENERAPAN STRATEGI KWL (KNOW, WANT TO KNOW, LEARNED) UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR TEMATIK PESERTA DIDIK KELAS III DI SD NEGERI 12 KOTO BARU KECAMATAN KUBUNG KABUPATEN SOLOK. 2) PENGARUH PENGUATAN GURU TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN IPS KELAS VIII MTsS MOHAMAD HEKAL DESA RANTAU ALAI TAHUN AJARAN 2018/2019. 3) PENGARUH MOTIVASI BELAJAR TERHADAP PRESTASI BELAJAR SISWA KELAS XI IPS SMA NEGERI 6 MERANGIN. 4) PENGEMBANGAN PERANGKAT PEMBELAJARAN BERBASIS PENDEKATAN SAINTIFIK PADA MATERI TEOREMA PHYTAGORAS. 5) PENINGKATAN HASIL PEMBELAJARAN IPS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIVE TIPE STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD). 6) PENINGKATAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA MENGGUNAKAN STRATEGI PROBLEM BASED LEARNING DI KELAS IV SD NEGERI 12 MUNDAM SAKTI KECAMATAN IV NAGARI KABUPATEN SIJUNJUNG. 7) KEBIJAKAN SEKOLAH DALAM PENGGUNAAN GADGET DI SEKOLAH DASAR. 8) PERSUASIF PADA SPANDUK PILKADADI KABUPATEN MERANGIN TAHUN 2017-2018. 9) PENINGKATAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS DENGAN MENGGUNAKAN PENDEKATAN OPEN ENDED PADA MATA PELAJARAN MATEMATIKA DIKELAS IV SD. 10) PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA. 11) PENGARUH MENGGUNAKAN MODEL POWER OF TWO TERHADAP KEMAMPUAN MENULIS SISWA KELAS VIII DI SMPN 1 BANGKO TAHUN AKADEMIK 2018/2019.

     JURNAL TUNAS PENDIDIKAN STKIP Muhammadiyah Muara Bungo merupakan jurnal penelitian dan karya ilmiah diterbitkan oleh Prodi PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo yang terbit dua kali setahun (Oktober & Februari). Jurnal TUNAS PENDIDIKAN menerima naskah ilmiah hasil penelitian, telaah, maupun review dalam bidang pendidikan untuk dipublikasikan pada jurnal ini. Naskah yang diterima akan disunting dan dievaluasi. Penyuntingan dilakukan untuk keseragaman format tanpa mengubah maksud.

  • JURNAL TUNAS PENDIDIKAN
    Vol 1 No 2 (2019)

    JURNAL TUNAS PENDIDIKAN VOLUME 1 NO 2 TAHUN 2019 MENERBITKAN ARTIKEL HASIL PENELITIAN MULTIDISIPLIN ILMU DENGAN JUDUL SEBAGAI BERIKUT: 1) PENGGUNAAN PETA KONSEP DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRIPSI BAGI MAHASISWA PGSD STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO. 2) PENGARUH PEMBELAJARAN PENDIDIKAN KEWARGANEGARAAN MENGGUNAKAN METODE SOSIODRAMA UNTUK MENANAMKAN KEPEDULIAN SOSIAL SISWA KELAS IV SD SWASTA SEBERANG JAYA TAHUN PELAJARAN 2017/2018. 3) PENGARUH PEMBERIAN TES KECIL (KUIS) DI AKHIR PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPS. 4) HASIL BELAJAR BERMAIN MUSIK ANSAMBEL DI KELAS VIII.1 SMP NEGERI 1 MUARA BUNGO DENGAN MENGGUNAKAN METODE TUTOR SEBAYA. 5) GAMBARAN METODE INKUIRI DAN PENERAPAN PADA PEMBELAJARAN PENGEMBANGAN DIRI (PKn) DI KELAS VI SD NEGERI NO.60 / II MUARA BUNGO KECAMATAN RIMBO TENGAH. 6) KONTRIBUSI MINAT BACA SASTRA DAN PENGUASAAN KONSEP CERPEN TERHADAP KETERAMPILAN MENULIS TEKS CERPEN SISWA KELAS XI SMA NEGERI 4 MUARA BUNGO. 7) PENGARUH PERGAULAN TEMAN SEBAYA TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS X SMK N 3 SUNGAI PENUH KECAMATAN KUMUN DEBAI KOTA SUNGAI PENUH. 8) HUBUNGAN KEMANDIRIAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP N 14 KABUPATEN TEBO.

     JURNAL TUNAS PENDIDIKAN STKIP Muhammadiyah Muara Bungo merupakan jurnal penelitian dan karya ilmiah diterbitkan oleh Prodi PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo yang terbit dua kali setahun (Oktober & Februari). Jurnal TUNAS PENDIDIKAN menerima naskah ilmiah hasil penelitian, telaah, maupun review dalam bidang pendidikan untuk dipublikasikan pada jurnal ini. Naskah yang diterima akan disunting dan dievaluasi. Penyuntingan dilakukan untuk keseragaman format tanpa mengubah maksud.

  • JURNAL TUNAS PENDIDIKAN
    Vol 1 No 1 (2018)

    JURNAL TUNAS PENDIDIKAN VOLUME 1 NO 1 TAHUN 2018 MENERBITKAN ARTIKEL HASIL PENELITIAN MULTIDISIPLIN ILMU DENGAN JUDUL SEBAGAI BERIKUT: 1) UPAYA MENINGKATKAN PROSES DAN HASIL BELAJAR SISWA DENGAN MENGGUNAKAN METODE PICTURE AND PICTURE DALAM PEMBELAJARAN IPA KELAS III SDN 105/II DESA RAMBAH. 2) PENTINGNYA PENGAKOMODASIAN PENGALAMAN BELAJAR PADA PEMBELAJARAN IPA. 3) STUDI MENGENAI KEBERADAAN PEDAGANG KAKI LIMA (PKL) DI PASAR AUR KUNING KOTA BUKITTINGGI DALAM KONSEP ISLAM. 4) PENINGKATAN HASIL BELAJAR LUAS BANGUN DATAR MENGGUNAKAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS III SD NEGERI 51/II DESA PAKU AJI KECAMATAN TANAH SEPENGGAL LINTASKABUPATEN BUNGO. 5) PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA DENGAN MENGGUNAKAN LANGKAH-LANGKAH POLYA PADA KELAS IV SD NEGERI 020/XI KOTO LEBU KOTASUNGAI PENUH KERINCI. 6) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN MEDIA MARQUEE DALAM MENINGKATKAN KETERAMPILAN MEMBACA MEMINDAI SISWA KELAS VI SDN 81/II MUARA BUNGO. 7) MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MENGGUNAKAN METODE TIPE INDEX CARD MATCH PADA PELAJARAN MATEMATIKA. 8) PENGARUH PEMBELAJARAN AKTIF TIPE GIVING QUESTION AND GETTING ANSWER TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MAHASISWA PADA PEMBELAJARAN STATISTIK. 9) PENERAPAN MODEL COOPERATIVE LEARNING TIPE NUMBERED HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPS.

    Jurnal TUNAS PENDIDIKAN STKIP Muhammadiyah Muara Bungo merupakan jurnal penelitian dan karya ilmiah diterbitkan oleh Prodi PGSD STKIP Muhammadiyah Muara Bungo yang terbit dua kali setahun (Oktober & Februari). Jurnal TUNAS PENDIDIKAN menerima naskah ilmiah hasil penelitian, telaah, maupun review dalam bidang pendidikan untuk dipublikasikan pada jurnal ini. Naskah yang diterima akan disunting dan dievaluasi. Penyuntingan dilakukan untuk keseragaman format tanpa mengubah maksud.