MATHEMATICS LEARNING WITH POLYA'S HEURISTIC STRATEGY TO IMPROVE STUDENTS' CRITICAL THINKING ABILITY

  • Zulqoidi R. Habibie STKIP Muhammadiyah Muara Bungo
  • Nurlev Avana
  • Sundahry Sundahry
Keywords: Polya's Heuristic Strategy, Critical Thinking Ability, Mathematics

Abstract

Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa setelah mendapatkan pembelajaran dengan Strategi Heuristik dibandingkan dengan kemampuan berpikir kritis siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan pembelajaran konvensional, dan bagaimana sikap siswa terhadap pembelajaran matematika dengan Strategi heuristik Polya.  Penelitian ini menggunakan metode eksperimen terhadap seluruh populasi siswa kelas VII SMPN 1 Muara Bungo, sedangkan sampel dipilih dua kelas secara acak. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan berpikir kritis dan skala sikap. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa: (1) kemampuan berpikir kritis siswa yang mendapatkan pembelajaran matematika dengan Strategi Heuristik Polya lebih baik daripada siswa yang mendapatkan model pembelajaran konvensional; (2) siswa bersikap positif terhadap pembelajaran matematika dengan menggunakan Strategi Heuristik Polya. Penulis menyarankan agar Strategi Heuristik Polya dapat dijadikan sebagai salah satu alternatif bagi guru untuk melakukan proses belajar mengajar di kelas dan dilakukan penelitian sejenis untuk mengungkap kemampuan pemahaman dalam materi pelajaran matematika lainnya.

References

Azizah, L. N., & Fajaroh, F. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Level of Inquiry Berbantuan Animasi terhadap Kemampuan Berpikir Kritis dan Pemahaman Konsep Siswa pada Materi Asam Basa. Jurnal Pendidikan, 5(4), 554–558. https://doi.org/http://dx.doi.org/10.17977/jptpp.v5i4.13414
Jackson, D., & Newberry, P. (2007). Critical Thinking: A User’s Manual. In I. Lague, J. Ducan, M. Straton, & B. Tidd (Eds.), Wadsworth, Cengage Learning. Clark Baxter.
Nuryanti, L., Zubaidah, S., & Diantoro, M. (2018). Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa SMP. Jurnal Pendidikan: Teori, Penelitian, Dan Pengembangan, 3(2), 155–158.
Pangestika, G. S., Djudin, T., & Haratua. (2014). Penerapan Pbl dengan Heuristik Polya untuk Meremediasi Kesalahan Siswa Memecahkan Masalah Dinamika Rotasi di SMA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran …, 3(8), 1–9. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/6732
Qomariyah, E. N. (2016). Pengaruh problem based learning (pbl) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa pada pembelajaran kimia. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran (JPP), 23(2), 132–141.
Reeder, H. P. (1984). The Nature of Critical Thinking. Informal Logic, 6(2), 18–21. https://doi.org/10.22329/il.v6i2.2730
Umar, W. (2016). Strategi Pemecahan Masalah Matematis Versi George Polya Dan Penerapannya Dalam Pembelajaran Matematika. KALAMATIKA Jurnal Pendidikan Matematika, 1(1), 59. https://doi.org/10.22236/kalamatika.vol1no1.2016pp59-70
Wati, I., & Koeshandayanto, S. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Learning Cycle 5E terhadap Keterampilan Berpikir Kritis dan Penguasaan Konsep. 1218–1225.
Published
2022-03-07
How to Cite
Habibie, Z., Avana, N., & Sundahry, S. (2022). MATHEMATICS LEARNING WITH POLYA’S HEURISTIC STRATEGY TO IMPROVE STUDENTS’ CRITICAL THINKING ABILITY. Jurnal Tunas Pendidikan, 4(2), 222-234. https://doi.org/10.52060/pgsd.v4i2.730