PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN BIOLOGI BERBASIS MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Apdoludin Apdoludin Universitas Muhammadiyah Muara Bungo
  • Yunita Veronika Universitas Jambi
  • Afreni Hamidah Universitas Jambi

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kesulitan siswa memahami materi. 46% siswaw kesulitan memahami materi sistem pernapasan manusia. Faktornya (1) buku teks biologi pegangan siswa berisi cakupan materi yang luas. (2) siswa cenderung pasif dalam pembelajaran. (3) siswa tidak terbiasa mengembangkan kreativitas. Wawancara dengan guru biologi diperoleh data bahwa belum adanya media pembelajaran berupa buku pengayaan biologi berbasis mind map. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas XI MIA di SMA Negeri 11 Kota Jambi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan, mengetahui kelayakan dan mengetahui tanggapan guru serta tanggapan siswa terhadap produk yang dikembangkan. Jenis penelitian adalah penelitian pengembangan dengan menggunakan model pengembangan ADDIE. Jenis data penelitian berupa data kuantitatif dan data kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah angket terbuka dan angket tertutup berupa skala Likert. Hasil validasi oleh ahli materi diperoleh skor rata-rata 3,27 termasuk kedalam kategori “layak”. Hasil validasi oleh ahli media diperoleh skor rata-rata 2,95 termasuk kategori “layak”. Ujicoba tanggapan guru biologi nilai rata-rata 91,29 termasuk kategori “baik” dan ujicoba tanggapan siswa nilai rata-rata 90,43 termasuk kategori “baik”

References

Anomin, 2008a. Peraturan Menteri Pendidikan Nasional Republik Indonesia Nomor 2 Tentang Buku . Jakarta: Menteri Pendidikan Nasional.

Anonim, 2008b. Penoman Menulis Buku Nonteks (Buku Pengayaan, Referensi dan Panduan Pendidik). Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Adiasty, D., 2012. Pengembangan Buku Pengayaan Biologi Materi Sistem Pernapasan Manusia untuk Siswa SMA/MA Kelas XI Semester II, Skripsi, Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.

Arikunto, S., 2006. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Arsyad, A., 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Press.

Atwi, S., 2012. Desain Instruksional Modern. Jakarta: Erlangga.

Buzan, T., 2006. Mind Map at Work “Cara Cemerlang Menjadi Bintang di Tempat Kerja”. Jakarta:PT Gramedia Pustaka Utama.

Firmanila, F. Z., Isnawati., dan Faizah U., 2014. Pengembangan Buku Pengayaan Echinodermata Berstrategi PQ4R (Preview, Question, Read, Reflect, Recite, Review ). Journal UNESA BioEdu, 3(3): 616-622.

Mukhtar dan Iskandar., 2010. Desain Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: Gaung Persada (GP) Press.

Olivia, F., 2008. Gembira Belajar dengan Mind Mapping Bantu Anak Menguasai “Senjata Rahasia” para Jenius untuk Menjelit Prestasi di Sekolah. Jakarta: PT. Elex Media Komputindo.

Richey, C. R., Klein, D. J., and Tracey, W. M., 2011. The Instructional Design Knowledge Base. New York: Routledge.

Sholihah, M., 2015. Penerapan Model Pembelajaran Mind Mapping untuk Meningkatkan Kreativitas dan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Ekonomi Kelas X IPS di SMA Negeri 8 Malang Semester Genap Tahun Ajaran 2013/2014. Prosiding Surakarta Seminar Nasional Pendidikan Ekonomi & Bisnis. Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Sebelas Maret Surakarta P. 1-9.

Sudaryono., 2016. Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Prenada Media Group.

Sukardi., 2011. Metodologi Penelitian Pendidikan Kompetensi dan Pratiknya. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Susilana, R., dan Riyana, C., 2009. Media Pembelajaran. Bandung: CV Wacana Prima.

Widoyoko, P. E., 2014. Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Windura, S., 2008. Mind Map Langkah Demi Langkah. Jakarta: PT Gramedia.

Published
2022-06-11
How to Cite
Apdoludin, A., Veronika, Y., & Hamidah, A. (2022). PENGEMBANGAN BUKU PENGAYAAN BIOLOGI BERBASIS MIND MAP UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Muara Pendidikan, 7(1), 112-120. https://doi.org/10.52060/mp.v7i1.760