PENGARUH KUALITAS LMS DAN PRILAKU BELAJAR TERHADAP KUALITAS BELAJAR MAHASISWA PPG

  • Arsan shanie UIN WALISONGO SEMARANG
  • Fahrurrozi Fahrurrozi UIN Walisongo Semarang

Abstract

Artikel ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kualitas LMS dan prilaku belajar terhadap prestasi belajar mahasiswa Program Profesi Guru. Lokasi Penelitian ini dilakukan di LPTK UIN Walisongo Semarang. Teknik pengumpulan data melalui kuisioner dan Dokumen. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh mahasiswa PPG di LPTK UIN Walisongo yang berjumlah total 617 mahasiswa. Yang terdiri dari kelas madrasah sebanyak 350 mahasiswa dan kelas PAI sebanyak 267 mahasiswa. adapaun teknik sampling yang digunakan adalah sampel yang diambil secara acak terstratifikasi. Dengan sampel 191 mahasiswa PPG. Yang terdiri dari Kelas Madrasah 108 responden dan PAI: 83 responden. Selanjutnya dilakukan uji reliabilitas dengan metode cronbach Alfa dan uji validitas dengan metode korelasi product moment pearson, setelah dinyatakan valid selanjutnya dilakukan analisis uji regresi berganda. Hasil penelitian dalam artikel ini menunjukan bahwa 1) Terdapat pengaruh kualitas LMS terhadap perilaku belajar mahsiswa.2) Tidak dapat pengaruh yang signifikan kualitas LMS terhadap prestasi belajar mahasiswa 3) Tidak terdapat pengaruh yang signifikan kualitas LMS terhadap prestasi belajar mahasiswa secara tidak langsung melalui variable belajar.

References

Agus, Mulyani. Pengaruh Penggunaan Model Brainwriting Terhadap Kemampuan Menulis Teks Eksposisi Siswa Kelas X SMAN 1 Kinali Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Kajian teknologi Pendidikan. 1-11, 2021

Badan Pusat Statistik. Potret Pendidikan Indonesia, Statistik Pendidikan 2020

Barnes, S., & Vidgen, R. 2002. An Integrative Approach to The Assessment of E-Commerce Quality. Journal of Electronic Commerce Research, 3(3), 114-127. UK: University of Bath. http://www. webqual.co.uk/papers/

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Isnawati, “Analisis Kemampuan Pedagogi Guru SMKyang sedang Mengambil Pendidikan Profesi Guru denganMetode Deskriptif Kuantatif dan Metode Kualitatif” INVOTEK: Jurnal Inovasi, Vokasional dan Teknologi, Vol. 20No. 1, 2020

Published
2022-06-15
How to Cite
shanie, A., & Fahrurrozi, F. (2022). PENGARUH KUALITAS LMS DAN PRILAKU BELAJAR TERHADAP KUALITAS BELAJAR MAHASISWA PPG. Jurnal Muara Pendidikan, 7(1), 131-136. https://doi.org/10.52060/mp.v7i1.756