HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS TINGGI SDN 05 AIR SANTOK KOTA PARIAMAN

  • Mellisa F STKIP Nasional Padang
Keywords: Study Habits, Learning Outcomes

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya masalah kebiasaan belajar yang dialami siswa kelas tinggi SDN 05 Air Santo Kota Pariaman. Penelitian ini merupakan penelitian korelasional. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas tinggi SDN 05 Air Santok sebanyak 39 orang peserta didik dengan teknik pengambilan sampel menggunakan teknik sampling jenuh. Teknik analisis data yang yang digunakan ialah uji homogenitas, uji normallitas dan uji hipotesis. Hasil belajar yang dianalisis berupa nilai hasil belajar PTS semester II tahun 2020/2021. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara Kebiasaan dengan Hasil belajar Siswa Kelas Tinggi SD Negeri 05 Air Santok Kota Pariaman. Dengan koefisien korelasi sebesar rxy = 0,527 atau (hubungannya Agak rendah/Sedang), dan koefisien determinasi sebesar 27,77. Berdasarkan hasil analisis diperoleh Thitung sebesar 3,77 dan Ttabel sebesar 1,68 sehingga thitung> ttabel, artinya terdapat hubungan antara Kebiasaan belajar dengan hasil belajar siswa.

References

A.M, Sardiman. 2014. Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Anisa Kauniyah Hidayati, Skripsi, UNY (2009) Hubungan Kebiasaan kBelajar Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas IV SD Se-Gugus II Piyungan.

Aqib, Zainal. 2010. Profesionalisme Guru dalam Pembelajaran. Surabaya: Insan Cendekia.

Arikunto, Suharsimi. 2014. Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Aunurrahman. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Djaali. 2015. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Majid, Abdul. 2012. Belajar dan Pembelajaran. Bandung. PT. Remajarosdakarya.

Marni Eva Putri, Skripsi, UNP (2008) dengan judul Hubungan Kebiasaan Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa SMK Negeri 1 TelukKuantan.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, nana.2004. Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Bandung: Sinar Baru Algesindo Offset

Sugiyono, 2015.Metode Penelitian, Kuantitatif Dan D&D. Bandung: Alfabeta

Sujarweni, V. Wiratna. 2014. Metodologi Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Baru Press.

Susanto, Ahmad. 2013. Teori Belajar Dan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jakarta. Kencana Prenada Media Group.

Undang-UndangNomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Published
2021-12-01
How to Cite
F, M. (2021). HUBUNGAN KEBIASAAN BELAJAR DENGAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS TINGGI SDN 05 AIR SANTOK KOTA PARIAMAN. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 213-219. https://doi.org/10.52060/mp.v6i2.605