PENERAPAN ZOOM UNTUK PROSES PEMBELAJARAN DIMASA PANDEMI COVID-19

  • Tri Wera Agrita STKIP Muhammadiyah Muara Bungo
  • Randi Eka Putra STKIP Muhammadiyah Muara Bungo
Keywords: Zoom, Learning, Pancasila

Abstract

Proses pembelajaran merupakan kegiatan melaksanakan inti dari pendidikan dan kurikulum pada suatu lembaga pendidikan. Kegiatan belajar mengajar berisi berbagai konsep yang menyangkut misi pendidikan, landasan pendidikan, dan tujuan pendidikan. Selain itu, belajar tertuju pada apa yang harus dilakukan oleh dosen sebagai yang memberikan pembelajaran. Proses pembelajaran pada masa ini terkendala pandemic Covid 19 yang dihadapi oleh Indonesia, sehingga mempengaruhi segala aktivitas salah satunya warga Kabupaten Bungo terutama di bidang Akademik. Oleh sebab itu semua kegiatan pembelajaran yang dilakukan dikampus tidak diperbolehkan dan harus dilakukan dirumah atau secara online. Salah satunya proses pembelajaran Mata kuliah Pancasila di Prodi Pendidikan Bahasa Inggris (PBI), Semester II Tahun 2020/2021. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif berupa foto dan angket melalui google form yang dibagikan kepada mahasiswa melalui group whatsapp dengan menggunakan 26 mahaiswa PBI semester II. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa mahasiswa memiliki kendala signal internet yaitu sebesar 81%. Sehingga pentingnya jaringan internet untuk memudahkan mahasiswa melaksanakan proses pembelajaran secara efektif, dikarenakan minimnya jaringan. Proses pembelajaran menggunakan zoom tidak dapat terlaksanakan dengan baik, hal ini terlihat dari presentase 19% meyatakan bahwa terkendala jaringan internet, suara bising, cuaca buruk didaerah dusun.

References

Anwar, F. (2020, Oktober Selasa). Update Corona Indonesia 20 Oktober: Tambah 3.602, Positif 368.842. Diambil kembali dari Update Corona Indonesia 20 Oktober: Tambah 3.602, Positif 368.842:https://health.detik.com/berita-detikhealth/d-5221088/update-corona-indonesia-20-oktober-tambah-3602-positif-368842

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta

Briliannur, D. C., Amelia, A., Hasanah, A., Putra, A.M., Rahman H. (2020). Analisis Keefektifan Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal pendidikan guru sekolah dasar.

Kaderi Alwi. 2015. Pendidikan Pancasila Untuk perguruan Tinggi. Banjarmasin. PT Antasari Press

Kaelan. 2010. Pendidikan Kewarganegaraan Untuk Perguruan Tinggi. Yogyakarta: Paradigma

Harnani, S. (2020, Juli Selasa). Efektivitas Pembelajaran daring di masa pandemi covid-19. Diambil kembali dari efektivitas pembelajaran daring di masa pandemi COVID-19: https://bdkjakarta.kemenag.go.id/berita/efektivitas-pembelajaran-daring-di-masa-pandemi-covid-19

Hartono, T. (2021, April 30). Zoom Meeting: Definisi Hingga Cara Menggunakan Aplikasi Zoom. Diambil kembali dari Zoom Meeting: Definisi Hingga Cara Menggunakan Aplikasi Zoom: https://www.dewaweb.com/blog/zoom-meeting/

Hua, L. I. U., Han, H. O. U., Buckland, M., Gross, T., Taylor, A. G., Piotrowski, M., Senn, C., Choi, Y., Fenton, C., Management, F., Ridge, O., Industries, E., Livermore, L., Office, P., Oniki, T. A., Jordan, S., Jan, P., Afzal, H., Stevens, R., … Petras, V. (2003).

UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003 TENTANG SISTEM PENDIDIKAN NASIONAL. Records Management Journal, 1(2), 1–15. http://citeseerx.ist.psu.edu/viewdoc/download?doi=10.1.1.88.5042&rep=rep1&type=pdf%0Ahttps://www.ideals.illinois.edu/handle/2142/73673%0Ahttp://www.scopus.com/inward/record.url?eid=2-s2.0-33646678859&partnerID=40&md5=3ee39b50a5df02627b70c1bdac4a60ba%0Ahtt

Minggu, R. B., Rumbajan, J. M., Turalaki, G. L. A., Studi, P., Dokter, P., Kedokteran, F., Sam, U., Biologi, B., Kedokteran, F., Sam, U., & Manado, R. (2021). Struktur Genom Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus-2 (SARS-CoV-2). Jurnal Biomedik : Jbm, 13(2), 233–240. https://doi.org/10.35790/jbm.13.2.2021.31996

Wikipedia. (2021, September 5). Zoom (software). Diambil kembali dari Zoom (software): https://en.wikipedia.org/wiki/Zoom_(software)

Winarso, B. (2021, July 26). Apa itu Zoom, Fitur dan Cara Menggunakannya. Diambil kembali dari Apa itu Zoom, Fitur dan Cara Menggunakannya: https://trikinet.com/post/apa-itu-zoom/

Anhusadar, L. (2020). Persepsi Mahasiswa PIAUD terhadap Kuliah Online di Masa Pandemi Covid 19. KINDERGARTEN: Journal of Islamic Early Childhood Education, 3(1), 44. https://doi.org/10.24014/kjiece.v3i1.9609

Hua, L. I. U., Han, H. O. U., Buckland, M., Gross, T., Taylor, A. G., Piotrowski, M., Senn, C., Choi, Y., Fenton, C., Management, F., Ridge, O., Industries, E., Livermore, L., Office, P., Oniki, T. A., Jordan, S., Jan, P., Afzal, H., Stevens, R., … Petras, V. (2003).

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Records Management Journal, 1(2), 1–15.

Hutauruk, A., & Sidabutar, R. (2020). Kendala pembelajaran daring selama masa pandemi di kalangan mahasiswa pendidikan matematika: Kajian kualiatatif deskriptif. Journal of Mathematics Education and Applied, 02(01), 45–51. https://jurnal.uhn.ac.id/index.php/sepren/article/view/364

Minggu, R. B., Rumbajan, J. M., Turalaki, G. L. A., Studi, P., Dokter, P., Kedokteran, F., Sam, U., Biologi, B., Kedokteran, F., Sam, U., & Manado, R. (2021). Struktur Genom Severe Acute Respiratory Syndrome Coronavirus-2 (SARS-CoV-2). Jurnal Biomedik : Jbm, 13(2), 233–240. https://doi.org/10.35790/jbm.13.2.2021.31996

Umiyati. (2021). Efektivitas Pembelajaran E-Learning Masa Pandemi Covid-19 Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Kelas IX IPS-2 SMA Al-Hasra Kota Depok Tahun Pelajaran 2020/2021. 4(1), 6.

Wulandari, T., Agrita, T. W., & Hidayatullah, K. (2020). Analisis Perbandingan Perkuliahan Online dan Offline Terhadap Mahasiswa STKIP Muhammadiyah Muara Bungo. Proceeding National Conference: Education, Social, Science, and Humaniora, 2(1), 64–68.

Yulia Indahri. (2020). Permasalahan Pembelajaran Jarak Jauh di Era Pandemi. Info Singkat: Kajian Singkat Terhadap Isu Aktual Dan Strategis, 12(2), 13–18. https://berkas.dpr.go.id/puslit/files/info_singkat/Info Singkat-XII-12-II-P3DI-Juni-2020-201.pdf

Published
2021-12-01
How to Cite
Agrita, T., & Putra, R. (2021). PENERAPAN ZOOM UNTUK PROSES PEMBELAJARAN DIMASA PANDEMI COVID-19. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 124-130. https://doi.org/10.52060/mp.v6i2.590