ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PADA PEMBELAJARAN DARING DI KELAS 6A SD NEGERI 1 JEPUN TULUNGAGUNG

  • Dela Permatasari Permatasari Universitas Bhinneka PGRI
  • Nourma Oktaviarini Universitas Bhinneka PGRI
Keywords: asynchronous, daring, synchronous, triangulasi

Abstract

Pembelajaran daring adalah pembelajaran yang dilaksanakan melalui internet baik secara synchronous maupun asynchronous. Berdasarkan observasi awal di kelas 6A SD Negeri 1 Jepun peneliti mengetahui bahwa kesemangatan belajar siswa mengalami penurunan di masa pembelajaran daring. Oleh karena itu untuk mengatasi masalah rendahnya kesemangatan belajar siswa salah satunya adalah menggunakan media pembelajaran video dalam pembelajaran daring. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penggunaan media video pada pembelajaran daring tema selamatkan makhluk hidup sub tema 2 pembelajaran 1 di kelas 6A SDN 1 Jepun Tulungagung. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kualitatif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru dan siswa kelas 6A SDN 1 Jepun. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Pengecekan keabsahan data digunakan langkah-langkah ketekunan pengamat dan triangulasi. Hasil dari penelitian ini adalah penggunaan media video pada pembelajaran daring tema selamatkan makhluk hidup sub tema 2 pembelajaran 1 di kelas 6A SDN 1 Jepun sudah memenuhi langkah-langkah sebagaimana dalam sintak penggunaan video. Hasil observasi penggunaan media video diperoleh skor nilai 59 dengan prosentase 90% yang termasuk dalam kategori “sangat baik”. Kesimpulan dari penelitian ini adalah penggunaan media video dalam pembelajaran daring ini membuat siswa lebih bersemangat mengikuti pembelajaran daring. Dalam pelaksanaannya masih terdapat beberapa siswa yang terkenda untuk mengikuti pembelajaran daring dengan menggunakan media video, namun guru telah berupaya menerapkan beberapa solusi untuk mengatasi kendala tersebut.

Kata kunci: asynchronous, pembelajaran daring, penggunaan media video, synchronous, triangulasi

References

Arsyad, A. (2011). Media pembelajaran. Jakarta: PT Raja grafindo persada.

Budiyawanto, M. (2017). Manejemen Spiritual Pendidikan Anak Usia Dini Misna. BIORMATIKA Jurnal Ilmiah FKIP, 4(2).

Dwi Sadbo Putro, H. (2020). Pembuatan Video Pembelajaran Praktikum untuk Meningkatkan Kemampuan High Order Thinking Skill. Edudikara, 5(3), 233–242., 5.

Fauzi, I., & Sastra Khusuma, I. H. (2020). Teachers’ Elementary School in Online Learning of COVID-19 Pandemic Conditions. Jurnal Iqra’ : Kajian Ilmu Pendidikan, 5(1), 58–70. https://doi.org/10.25217/ji.v5i1.914

Golu, S. F. (201VI). Penggunaan Media Video untuk Meningkatkan Minat Belajar IPA Kelas IV SD Negeri Bakalan. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar, 5(7), VI92–702.

Hadi, S. (2017). Efektivitas Penggunaan Video Sebagai Media Pembelajaran untuk Siswa Sekolah Dasar. Prosiding TEP & PDs, 1(15), 9VI–102.

Kemendikbud. (2020). Surat Edaran Sekretaris Jenderal No.15 Tahun 2020 Pedoman Pelaksanaan Belajar Dari Rumah Selama Darurat Bencana COVID-19 di Indonesia. Sekretariat Nasional SPAB (Satuan Pendidikan Aman Bencana), (15), 1–1VI.

Kirana, M. (201VI). The use of audio visual to improve listening. English Education Journal, 7(2), 233–245.

Kurniasari, A., Pribowo, F. S. P., & Putra, D. A. (2020). Analisis Efektivitas Pelaksanaan Belajar Dari Rumah (Bdr) Selama Pandemi Covid-19. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, VI(3), 1–8.

Kurniawan, B., Wiharna, O., & Permana, T. (2018). Studi Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Teknik Listrik Dasar Otomotif. Journal of Mechanical Engineering Education, 4(2), 15VI. https://doi.org/10.17509/jmee.v4i2.9VI27

Mahadewi dkk. (2012). Media Video Pembelajaran. Media Video Pembelajaran.

Moleong, L. J. (2017). Metodologi penelitian kualitatif (Revisi). Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhajir. (2020). Pembelajaran Daring di Era COVID-19: Kesenjangan Digital, Sistem Kompetisi, dan Model Pendidikan yang Manusiawi. Mimikri, VI(2), 220–234.

Muhammad Hanif Fahmi. (2020). Komunikasi Synchronous dan Asynchronous Dalam E-learning Pada Masa Pandemic Covid-19. Jurnal Nomosleca, VI(April), VI8–7VI.

Nurrohmat, F. Pengunaan Media Motion Graphic Dalam Pemelajaran Tematik Daring SDN 1 Kanoman. , (2020).

Oktaviani, D. N., & Hudah, N. (2021). Analisis Proses Belajar Dari Rumah ( Bdr ). PEDIR: Journal Elmentary Education, 1(1), 1–10.

Pranowo, G. (2021). Edudikara : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Pengembangan Media Flash Cards untuk Meningkatkan Kemampuan Membaca Edudikara : Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran. VI, 129–139.

Ridha, M. (2021). Efektifitas Penggunaan Media Video pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar Saat Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(1), 154–1VI2. Retrieved from https://jptam.org/index.php/jptam/article/view/925

Rusman, R. (2015). Pembelajaran tematik terpadu. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Shofwan, A. (2009). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Mata Kuliah Medan Elektromagnetik. Jurnal Edukasi@Elektro, 5(1).

Sugiyono. (2008). Metode penelitian pendidikan:(pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Alfabeta.

Susilana, R., & Riyana, C. (2008). Media pembelajaran: hakikat, pengembangan, pemanfaatan, dan penilaian. CV. Wacana Prima.

Susiyanti, E., & Nugraheni, N. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Daring Dengan Bantuan Video Pembelajaran Pada Masa Pandemi Covid-19. Prosiding Webinar Nasional IAHN-TP Palangka Raya, 15–30.

Warsita, B. (2008). Teknologi pembelajaran: landasan & aplikasinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Wisada, P. D., & Sudarma, I. K. (2019). Pengembangan media video pembelajaran berorientasi pendidikan karakter. Journal of Education Technology, 3(3), 140–14VI.

Yunita, D., & Wijayanti, A. (2017). Pengaruh Media Video Pembelajaran Terhadap Hasil Belajar Ipa Ditinjau Dari Keaktifan Siswa. SOSIOHUMANIORA: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial Dan Humaniora, 3(2), 153–1VI0. https://doi.org/10.30738/sosio.v3i2.1VI14

Published
2021-12-01
How to Cite
Permatasari, D., & Oktaviarini, N. (2021). ANALISIS PENGGUNAAN MEDIA VIDEO PADA PEMBELAJARAN DARING DI KELAS 6A SD NEGERI 1 JEPUN TULUNGAGUNG. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 203-212. https://doi.org/10.52060/mp.v6i2.584