PENINGKATAN PEMAHAMAN KONSEP IPA MENGGUNAKAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW KELAS V SD

  • Tri wiyoko STKIP Muhammadiyah Muara Bungo
  • Puput Wahyu Hidayat STKIP Muhammadiyah Muara Bungo

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan proses dan pemahaman konsep IPA menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw kelas V SD Negeri 102/II Sungai Kerjan. Jenis penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar observasi dan soal tes pemahaman konsep IPA. Data yang diperoleh dalam penelitian dianalisis secara kuantitatif dan kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan proses belajar yang dialami peserta didik dari siklus I sebesar 75% meningkatdi siklus II sebesar 85%. Selanjutnya untuk pemahaman konsep IPA mengalami peningkatan dari siklus I sebesar 53,33% meningkat di siklus II sebesar 86,67%. Jadi model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw dapat meningkatkan proses dan pemahaman konsep IPA bagi peserta didik di kelas V sekolah dasar.

Referensi

Ardana, I. K. (2013). Pendidikan IPA di Sekolah Dasar. Universitas Pendidikan Ganesha.

Djabba, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Siswa Kelas V Sd Negeri 48 Parepare. Journal of Education, 2(1), 6.

Ha Le, Janssen, J., & Wubbels, T. (2018). Collaborative learning practices: Teacher and student perceived obstacles to effective student collaboration. Cambridge Journal of Education, 48(1), 21. https://doi.org/10.1080/0305764X.2016.1259389

Handayani, R. (2019). Pengaruh Lingkungan Tempat Tinggal Dan Pola Asuh Orangtua Terhadap Motivasi Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Tunas Bangsa, 6(1), 12.

Herawati, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA di Kelas V SD Negeri 11 Ujan Mas. Jurnal PGSD Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasa, 12(1), 9. https://doi.org/10.33369/pgsd.12.1.41-48

Lubis, N. A., & Harahap, H. (2016). Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw. Jurnal As-Salam, 1(1), 7.

Permata, D., Slameto, S., & Radia, E. H. (2018). Implementation of cooperative learning model type Jigsaw in social science to increase students’ learning outcome. Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran, 5(1), 7. http://dx.doi.org/10.23887/jpp.v51i2.15415

Samatowa, U. (2010). Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. PT Indeks.

Sari, P. M., & Sumarli, S. (2019). Optimalisasi Pemahaman Konsep Belajar IPA Siswa Sekolah Dasar melalui Model Pembelajaran Inkuiri dengan Metode Gallery Walk (Sebuah Studi Literatur). Journal of Educational Review and Research, 2(1), 69. https://doi.org/10.26737/jerr.v2i1.1859

Soedimardjono, F. P., & Pratiwi, P. (2021). Cooperative Learning Model with Jigsaw Type Improves Students’ Sciences Process Skills and Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Indonesia (JPI), 10(1), 8. http://dx.doi.org/10.23887/jpi-undiksha.v10i1.25203

Sudiran, S. (2018). Penelitian Pendidikan. Tira Smart.

Suendarti, M., & Virgana, V. (2022). Elevating natural science learning achievement: Cooperative learning and learning interest. Journal of Education and Learning (EduLearn), 16(1), 7. https://doi.org/10.11591/edulearn.v16i1.20419

Sugiyono, S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Titu, M. T., & Lawe, Y. U. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar IPA Kelas V SD. 2nd Annual Proceeding, November, 8.

Tjandrawati, T. (2017). The Implementation of Cooperative Learning with Jigsaw Type to Improve Student Learning Outcomes on Natural Science Subject. Jurnal Penelitian Dan Pembelajaran IPA, 3(2), 11. http://dx.doi.org/10.30870/jppi.v3i2.2579

Diterbitkan
2022-07-07