EDUKASI PENGEMBANGAN EKONOMI KELUARGA BERBASIS MOMPRENEUR DI KOTA PALEMBANG

  • Azwardi Azwardi Universitas Sriwijaya
  • Alghifari Mahdi Igamo Universitas Sriwijaya
  • Sukanto Sukanto Universitas Sriwijaya
  • Rasyida Pertiwi Universitas Sriwijaya
  • Bambang Bemby Universitas Sriwijaya
Keywords: Mompreneur, Kewirausahaan, Ekonomi Keluarga

Abstract

Covid-19 tidak hanya berdampak pada kesehatan tapi juga pada perekomian khususnya ekonomi keluarga, merumahkan beberapa pekerja yang notabenya adalah kepala keluarga yang disebabkan oleh kebijakan pemerintah maupun kondisi perusahaan yang tidak baik menyebabkan turunnya penghasilan keluarga sehingga sulit untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Dalam menyelesaikan permasalahan terseebut tidak hanya peran kepala keluarga yang dibutuhkan namun peran ibu rumah tangga juga sangat penting, ibu rumah tangga dapat membantu kepala keluarga mencari penghasilan tambahan, tugas ibu rumah tangga seperti memasak dapat menjadi salah satu sumber penghasilan tambahan keluarga. Ibu rumah tangga yang aktif mencari tambahan penghasilan namun tetap menjalankan perannya di rumah dikenal dengan istilah Mompreneur. Pembinaan mengenai pengembangan ekonomi keluarga berbasis mompreneur akan meningkatkan pengetahuan ibu rumah tangga mengenai aktivitas yang dapat dilakukan untuk menambah penghasilan keluarga dengan memanfaatkan tugas ibu rumah tangga yang biasa dilakukan.

References

Indayani, S., & Hartono, B. (2020). Analisis Pengangguran dan Pertumbuhan Ekonomi Sebagai Akibat Pandemi Covid-19. Perspektif: Jurnal Ekonomi & Manajemen, Vol 18 (2).

Irawati., Saputra, M. I., & Novriyani. (2021). Mompreneur Penopang Perekonomian Keluarga di Masa Pandemi Covid-19 Dengan Bisnis Online Pada Desa Belimbing Kecamatan Batang Gansal Kabupaten Indragiri Hulu. VALUES: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).

Pancasasti, R., & Khaerunnisa, Enis. (2017). Mengelola Perilaku Kewirausahaan Mompreneur Berbasis Teknologi, Informasi Dan Komunikasi Di Kota Tangerang Selatan. Jurnal Tirtayasa Ekonomika. Vol 2(1).

Prastiwi, I. L., & Rahmadanik, D. (2020). Polemik Dalam Karir Perempuan Indonesia. Jurnal Komunikasi dan Kajian Media, Vol 4(1).

Shahreza, D., & Liandiawatie. (2020). Ketahanan Ekonomi Keluarga di Depok Pada Masa Pandemi Covid-19. Journal of Applied Business and Economics, Vol 7 (2).

Sina , P. G. (2020). Ekonomi Ruamh Tangga Di Era Pandemi Covid 19. Journal of Management-Small and Medium Enterprises (SME’s), Vol.12 No.2 . https://doi.org/10.35508/jom.v12i2.2697

Tambunan, T. (2009). Women Entrepreneurs in Indonesia: their main constraints and reasons. Page 38-Refereed Edition, V(3), 37–51. https://doi.org/10.15640/ijgws.v5n1p9

Tambunan, T. T. H. (2015). Development of Women Entrepreneurs in Indonesia : Are They Being “Pushed” or “Pulled”? Journal of Social Economics, 2(3), 131–149.

Vernia, M. D. (2017). Optimalisasi Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Bisnis Online Bagi Ibu Rumah Tangga Untuk Meningkatkan Perekonomian Keluarga. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Ekonomi, Vol 1(2). https://doi.org/10.30599/utility.v1i2.71

Wijaya, L., & Layman, C. V. (2018). How Do Mompreneurs Achieve Work-Life Balance? (Evidence From Small Business In Tangerang , Indonesia). Journal of Business and Entrepreneurship, 6(November), 1–12.

Published
2022-10-01
How to Cite
Azwardi, A., Igamo, A., Sukanto, S., Pertiwi, R., & Bemby, B. (2022). EDUKASI PENGEMBANGAN EKONOMI KELUARGA BERBASIS MOMPRENEUR DI KOTA PALEMBANG. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(2), 54-58. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i2.850