EFEKTIVITAS PENGGUNAAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA

  • Thessa Herdyana Universitas Nahdlatul Ulama Sumatera Utara
Keywords: Media, Komik, Hasil Belajar

Abstract

Penting untuk mengetahui efektivitas media pembelajaran tematik seperti komik dalam membantu hasil belajar siswa. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan quasi experiment dengan desain Nonequivalent Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas IV Sekolah Dasar 020871 Binjai. Teknik untuk menentukan sampel adalah custer sampling yakni kelas IVA sebagai kelas eksperimen dan kelas IVB sebagai kelas control. Validitas yang digunakan adalah validitas isi dan reliabilitas menggunakan Alpha Cronbach. Teknik analisis menggunakan uji-t. Uji efektivitas berdasarkan nilai gainc score pada kelas eksperimen diperoleh nilai 0,6255 dengan kategori sedang. Sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata Gain Score sebesar 0,2257 pada kategori rendah. Nilai pretest siswa pada kelas eksperimen sebelum menggunakan komik tematik rata-rata 61,50. Sedangkan nilai postes siswa setelah menggunakan komik tematik rata-rata 87,00. Nilai pretest siswa pada kelas kontrol 65,00 sedangkan nilai posttest kelas kontrol 74,50. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kedua data postest hasil belajar siswa mempunyai nilai thitung (=0,000) sehingga terdapat perbedaan karena sig (2-tailed) < 0,05 dan thitung bernilai positif sehingga H0 ditolak. Hal ini menunjukkan bahwa penggunaan komik sangat efektif digunakan untuk meningkatkan hasil belajar.

References

Asri, N. (2012). Fakta Minat Baca di Indonesia, (online), (http://sahabatguru.word press.com/2012/08/29/fakta-minat-baca-di-indonesia/, diakses 19 Desember 2021).

Amin, Z., Burhanuddin, B., Shadiq, T. F., & Purba, A. S. (2021). How The Choice of Academic Majors and Students' Future Achievements According to The Talent Path. Nazhruna: Jurnal Pendidikan Islam, 4(3), 672-684.

Musyaddad, K. (2013). Problematika pendidikan di indonesia. Jurnal edo-bio, 4(1), 51-52.

Purba, A. S., Hufad, A. C. H. M. A. D., Amal, B. K., Ahyani, A. H. M. A. D., & Sutarni, N. A. N. I. (2018). Development of games instruction within plant growth concept. Journal of Engineering Science and Technology (JESTEC), 13, 1-10.

Purba, A. S., Malihah, E., & Hufad, A. (2019). The implementation of multicultural education in senior high schools in Medan. Budapest International Research and Critics Institute-Journal(BIRCI-Journal).

Romi Satria. (2008). 10 Resep Sukses Bangsa Jepang. (online). Http://danielmginting. blogspot.com/2008/07/10-resep-sukses-bangsa-jepang.html. Diakses pada 21 September 2021.

Santo Santoso, Seni Apriliya, E. K. (2017). Buku Cerita Anak Berbasis Kearifan Lokal Bordir Tasikmalaya untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 4(5), 129–138.

Triatma, I. N. (2016). Minat baca pada siswa kelas VI sekolah dasar negeri delegan 2 prambanan sleman Yogyakarta. E-Jurnal Skripsi Program Studi Teknologi Pendidikan, 5(6), 166-178.

Published
2022-10-01
How to Cite
Herdyana, T. (2022). EFEKTIVITAS PENGGUNAAN KOMIK SEBAGAI MEDIA PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(2), 20-24. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i2.832