SOSIALISASI PERAN ORANG TUA PADA ANAK TERHADAP PENGGUNAAN TEKNOLOGI DI DESA SUNGAI KAPAS KABUPATEN MERANGIN

  • Muhammad Hakiki STKIP Muhammadiyah Muara Bungo https://orcid.org/0000-0001-7459-7952
  • Yogi Irdes Putra STKIP Muhammadiyah Muara Bungo
  • Ahmad Ridoh STKIP Muhammadiyah Muara Bungo
  • Ranny Mailisa Universitas Bina Bangsa Banten
  • Arisman Sabir STKIP Muhammadiyah Muara Bungo
  • Ade Kurniawan STKIP Muhammadiyah Muara Bungo
Keywords: Sosialisasi, Peran Orang Tua, Anak, Teknologi

Abstract

Pengabdian masyarakat ini bertujuan untuk memberikan pemahaman terhadap orang tua akan pentingnya peranan orang tua pada anak dalam penggunaan teknologi saat ini. Metode kegiatan yang digunakan adalah sosialisasi. Hasil kegiatan menunjukkan peranan orang tua sangat diperlukaan dalam bentuk pengawasan dan pendampingan kepada anak agar terhindar dari penyalahgunaan teknologi. Pada pendampingan, peran ayah hanya memantau kegiatan anak, karena mereka lebih banyak bekerja di luar rumah. Sedangkan ibu memiliki banyak waktu bersama anak, karena sebagai ibu rumah tangga dapat mendampingi anak dalam beraktivitas. Pengetahuan ayah dan ibu mengenai dampak penggunaan teknologi bagi anak merupakan faktor pendukung peran orangtua, sedangkan faktor penghambat dapat dilihat dari peran ayah yang memiliki keterbatasan waktu dalam mendampingi anak karena harus bekerja, dan ibu lebih kepada kurangnya pengetahuan serta pendidikan rendah, serta kelemahan dalam pengasuhan yang cendrung menuruti kemauan anak. Beberapa peran tambahan yang dapat dilakukan orang tua yaitu, 1). Mendampingi anak dalam menggunakan teknologi. Pentingnya pendampingan orang tua untuk memberikan pengawasan dan dapat meningkatkan keharmonisan orang tua dan anak. 2). Mempersiapkan anak menghadapi kencangnya perkembangan teknologi.

Published
2022-03-09
How to Cite
Hakiki, M., Putra, Y., Ridoh, A., Mailisa, R., Sabir, A., & Kurniawan, A. (2022). SOSIALISASI PERAN ORANG TUA PADA ANAK TERHADAP PENGGUNAAN TEKNOLOGI DI DESA SUNGAI KAPAS KABUPATEN MERANGIN. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(1), 57-61. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i1.737