PENINGKATAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI MEDIA BUKU BERGAMBAR PADA ANAK DESA SITIMERTO

  • Amelia Salsabila Institut Agama Islam Negeri Kediri
Keywords: Bahasa Inggris, Kosa kata, Buku Bergambar

Abstract

 Era globalisasi dan kemajuan tekhnologi menjadikan setiap orang mudah menjalin komunikasi dan hubungan antar Negara. Semakin meluasnya hubungan antar manusia membuat mereka mau tidak mau harus mempelajari bahasa asing khususnya bahasa inggris sebagai bahasa internasional. Didunia pendidikan mata pelajaran bahasa inggris sudah diajarkan sejak zaman penjajahan belanda dan masih terus digunakan hingga sekarang. Sudah sejak lama pelajaran bahasa inggris menjadi mata pelajaran wajib bagi siswa tingkat menengah pertama atau SMP dan tingkat menengah atas atau SMA. Ditingkat sekolah dasar atau SD, mata pelajaran bahasa inggris sudah menjadi muatan lokal sejak tahun 1996. Mengajarkan bahasa inggris pada berbaga tingkat tidaklah sama. Pada tingkat sekolah dasar bahasa inggris lebih ditekankan pada peningkatan dan penguasaan kosakata. Selain itu para pengajar haruslah menggunakan metode yang tepat dan media yang akan menunjang kegiatan pembelajaran. Pada penelitian kali ini peneliti akan melakukan eksperimen yang berpusat pada peggunaan buku bergambar sebagai media dalam meningkatkan kosakata bahasa inggris. Dalam rangka pengabdian masyarakat yang dilakukan tim KKN-DR IAIN KEDIRI. Penelitian ini ditujukan untuk anak-anak pada tingkat sekolah dasar yang ada di desa Sitimerto. Penelitian yang dilakukan dengan metode pra-eksperimen ini menghasilkan sebuah kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan penggunaan media buku bergambar pada peningkatan kosakata ternyata terbukti. Pada penelitian ditemukan adanya pengaruh yang menunjukkan arah positif. Meskipun hasil peningkatan yang ditunjukkan tidak terlalu signifikan, hal ini membuktikan bahwa peningkatan kosakata dengan media buku bergambar membuahkan hasil.

References

Azhari, F., Hodidjah., Elan. (2018). Pengaruh Media Gambar Seri terhadap Kemampuan Daya Ingat Siswa dalam Materi Teks Fiksi. PEDADIDAKTA: Jurnal Ilmiah, 5(3), 129-139.

Maili, S.N. (2018). Bahasa Inggris Pada Sekolah Dasar: Mengapa Perlu dan Mengapa Dipersoalkan. JUDIKA, 6(1), 23-28.

Miftah, M. (2013). Fungsi dan Peran Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kemampuan Belajar Siswa. Jurnal KWANGSAN, 1(2), 95-105.

Mustari, R.E.N., Akib, T., Amri. (2020). Media Kartu Kata Bergambar Terhadap Penguasaan Kosakata Inggris Anak di TK Teratai UMM Makassar. TEMATIK, 6(1), 9-13.

Riawan, M.R.I., Sukamto, S., Subekti, E.E. (2020). Keefektifan Media Pembelajaran Buku Aktivitas Peta Si Pintar dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan, 4(2), 95-104.

Supriyo. (2015). Pengaruh Buku Teks dan Cetak Terhadap Hasil Belajar Di SMA N 1 Marga Tiga Kabupaten Lampung Timur Pada Kelas XII. IPS Tahu Pelajaran 2013/2014. Jurnal Promosi, 3(1), 83-92.

Published
2022-03-08
How to Cite
Salsabila, A. (2022). PENINGKATAN KOSAKATA BAHASA INGGRIS MELALUI MEDIA BUKU BERGAMBAR PADA ANAK DESA SITIMERTO. Jurnal Pengabdian Pendidikan Masyarakat (JPPM), 3(1), 49-56. https://doi.org/10.52060/jppm.v3i1.564