PERAN GURU PPKN DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP DISIPLIN PADA PROSES PEMBELAJARAN SISWA KELAS XI SMAN 1 SUNGAI GERINGGING

  • Arisman Sabir STKIP Muhammadiyah Muara Bungo
  • Desi Fitria STKIP YDB Lubuk Alung
  • Ana Maryana STKIP Muhammadiyah Muara Bungo
Keywords: Peran Guru PPKN, Sikap Disiplin, Proses Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masalah peran guru PPKn dalam mengembangkan sikap disiplin pada proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untukĀ  mengetahui langkah-langkah guru dalam membina sikap disiplin siswa dan kendala yang dihadapi guru dalam membina sikap disiplin siswa pada proses pembelajaran serta upaya apa yang dilakukan pihak sekolah dalam membina sikap disiplin siswa pada proses pembelajaran di SMAN 1 Sungai Geringging Kabupaten Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan model penelitian deskriptif. Sedangkan teknik yang digunakan penulis untuk menentukan informan yaitu teknik purposive sampling. Teknik menguji keabsahan data menggunakan teknik triangulasi dengan sumber data. Teknik analisis data dengan cara mereduksi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian menunjukan peran guru dalam mengembangkan sikap disiplin siswa dalam proses pembelajaran pada SMAN 1 Sungai Geringging meliputi menasehati siswa, keteladanan dalam berperilaku, memberikan hukuman jika bersalah, memberikan penghargaan (hadiah) jika berprestasi, serta melakukan kerjasama guru dengan orang tua sudah baik.

References

Anonim. 2007. Undang- Undang Sisisdiknas Guru dan Dosen. Yogyakarta: Pustaka Merah Putih.

Dimyati dan Mudjiono.2008. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta : Rineka Cipta.

Hakiki, M., & Fadli, R. (2021). Buku Profesi Kependidikan.

Hakiki, M. (2020). HUBUNGAN KOMPETENSI KEPRIBADIAN DAN KECERDASAN EMOSIONAL GURU PLK TERHADAP MOTIVASI BELAJAR SISWA. Jurnal Muara Pendidikan, 5(2), 633-642.

Hakiki, M., & Fadli, R. (2021). PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING BERBASIS WEB PADA MATAKULIAH PROFESI KEPENDIDIKAN STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO. Jurnal Muara Pendidikan, 6(2), 182-189.

Indrakusuma, Amien Danien. Pengantar Ilmu PengetahuanYogyakarta : Pustaka Pelajar, 2007.

Masjumi. 2008. Dasar-dasar pendidikan jasmani, Makassar FIK UNM.

Sardiman A. M. 2011. Interaksi dan motivasi belajar-mengajar. Jakarta : PT. Raja Grafindo Persada.

Shoimin, Aris. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Medi.

Sibely. M., Tricco, A. C., Thomas, Veroniki, A. A., Hamid, J. S., Cogo, E., Strifler, L., ... & Riva, J. J. (2017). Comparisons of interventions for preventing falls in older adults: a systematic review and metaanalysis. Jama, 318(17), 1687-1699.

Syarbini Amirullah, 2016. Pendidikan Karakter Berbasis Keluarga. Yogyakarta: Ar.

Published
2022-02-15
How to Cite
Sabir, A., Fitria, D., & Maryana, A. (2022). PERAN GURU PPKN DALAM MENGEMBANGKAN SIKAP DISIPLIN PADA PROSES PEMBELAJARAN SISWA KELAS XI SMAN 1 SUNGAI GERINGGING. Jurnal Inovasi Pendidikan Dan Teknologi Informasi (JIPTI), 3(1), 37-46. https://doi.org/10.52060/pti.v3i01.620