PENINGKATAN HASIL BELAJAR SISWA MENGGUNAKAN PENDEKATAN KONSTRUKTIVISME DALAM PEMBELAJARAN IPS DI KELAS IV SD NEGERI 51/II DESA PAKU AJI KECAMATAN TANAH SEPENGGAL LINTAS KABUPATEN BUNGO

  • RANDI EKA PUTRA STKIP Muhammadiyah Muara Bungo
Keywords: hasil belajar, pendekatan konstruktivisme

Abstract

Penelitian ini dilator belakangi oleh pembelajaran IPS yamg selama ini masih berpusat kepada guru. Sehingga berlangsung pembelajaran IPS yang membosankan. Disamping itu standar ketuntasan dalam pembelajaran IPS yang diinginkan belum tercapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan peningkatan pembelajaran IPS melalui pendekatan Konstruktivisme yang meliputi (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, danĀ  (3) hasil belajar. Pendekatan yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dan kuantitatif sederhana. Data penelitian ini berupa informasi tentang proses dan data hasil tindakan yang diperoleh dari hasil pengamatan, hasil tes, diskusi dan dokumentasi. Sumber data adalah proses pelaksanaan pembelajaran IPS melalui pendekatan Konstruktivisme di kelas IV. Subjek peneliti adalah guru (observer), peneliti (praktisi) dan siswa kelas IV yang berjumlah sebanyak 15 orang. Analisis data dilakukan dengan menggunakan model analisis data. Hasil penelitian ini menunjukkan aktivitas dan hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Pada siklus 1 sebagian siswa belum terbiasa dengan menggunakan pendekatan konstruktivisme sehinnga dilakukan tindakan dengan memberi penjelasan kepada siswa tentang langkah-langkah pendekatan konstruktivisme. Pada siklus dua siswa sudah terbiasa dengan pembelajaran konstruktivisme, sehingga aktivitas siswa meningkat, dari hasil observasi aktivitas siswa siklus 1 siswa tuntas 68% dengan nilai rata-rata 7,4 dan pada siklus II nilai kentuntasan siswa 87% dengan nilai rata-rata 9,1.

Published
2018-12-13
Section
Articles