PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU KELAS XII SMK NEGERI 10 MERANGIN

  • Ahmad Soidik Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan YPM Bangko
  • Endang Solichin Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan YPM Bangko
  • Elvina Safitri Sekolah Tinggi Keguruan dan Ilmu Pendidikan YPM Bangko
Keywords: Problem Based Learning, Hasil Belajar

Abstract

Hasil belajar siswa pada pelajaran IPS di Kelas XII SMK Negeri 10 Merangin masih rendah. Rendahnya hasil belajar siswa karena kurang bervariasinya metode pembelajaran yang digunakan guru. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendekripsikan apakah terdapat perbandingan metode pembelajaran kooperatif tipe Problem Based Learning dengan metode konvensional terhadap hasil belajar IPS terpadu kelas XII SMK Negeri 10 Merangin. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Populasi dari penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XII. Sampel penelitian ini adalah kelas XII TSM sebagai kelas kontrol, dan kelas XII TKJ sebagai kelas eksperimen. Teknik pengambilan sampel dengan cara melihat nila terendah dari dua kelas tersebut. Instrumen penelitian menggunakan teknik tes tertulis berbentuk essay untuk mendapatkan data hasil belajar. Teknik pengolahan data menggunakan rumus t. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data yang dilakukan terhadap tes akhir dengan nilai rata-rata pada kelas eksperimen yang menggunakan metode pembelajaran Problem Based Learning yaitu 78,61 dan pada kelas kontrol yang menggunakan metode pembelajaran konvensional yaitu  63,05. Dari perhitungan thitung = 2,359 kemudian dibandingkan dengan ttabel pada taraf signifikansi 0,05 diperoleh ttabel = 2,042 maka Ha diterima dan Ho ditolak, artinya terdapat perbedaan hasil belajar IPS menggunakan metode Problem Based Learning dan metode Konvensional.

References

Arief, Habibah Sukmini., Maulana., Sudin, Ali., (2016). Meningkatkan Motivasi Belajar Melalui Pendekatan Problem Based Learning (PBL). Jurnal Pena Ilmiah Vol. 1, No. 1 (2016) hal 141-150 https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/issue/view/400

Darmawati, Siti. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Masalah Terhadap Hasil Belajar Siswa SMA kelas X Materi Ikatan Kimia. Jurnal Muara Pendidikan Volume 4 No 1, Juni 2019 hal 200-207.http://ejournal.stkip-mmb.ac.id /index.php/mp/article/view/119

Kemndikbud. (2017). Sumber Belajar Penunjang PLPG 2017 Kompetensi Profesional. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Guru Dan Tenaga Kependidikan 2017.https://www.usd.ac.id/fakultas/pendidikan/f1l3/PLPG2017

Nurfajriyah, Derin., Aeni, Ani Nur., & Jayadinata, Asep Kurnia. (2016). Pengaruh Model Problem Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Materi Pesawat Sederhana. Jurnal Pena Ilmiah Vol. 1, No. 1 (2016) hal 251-260.https://ejournal.upi.edu/index.php/penailmiah/issue/view/400

Ridwan. (2011). Dasar-dasar Statistika. Bandung: Alfabeta

Published
2020-06-03
How to Cite
Soidik, A., Solichin, E., & Safitri, E. (2020). PERBEDAAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE PROBLEM BASED LEARNING DENGAN METODE KONVENSIONAL TERHADAP HASIL BELAJAR IPS TERPADU KELAS XII SMK NEGERI 10 MERANGIN. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 602-608. Retrieved from http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/mp/article/view/276