MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RPP BERORIENTASI PPK, GLN DAN HOTS MELALUI SUPERVISI

  • Wiji Hastutik SMPN 3 Muko Muko Bathin VII
Keywords: Kemampuan guru, RPP, Supervisi

Abstract

Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini adalah masih rendahnya kemampuan guru SMPN 3 Muko Muko Bathin VII dalam menyusun RPP berorientasi PPK, GLN dan HOTS. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan guru dalam merancang perangkat pembelajaran terutama menyusun RPP yang berorientasi PPK, GLN dan HOTS. Tindakan yang peneliti gunakan adalah supervisi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus mencakup empat tahapan pokok yaitu : Perencanaan, Pelaksanaan , Observasi dan Refleksi. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah lembar observasi, catatan lapangan dan kuisioner. Analisis data dilakukan setiap siklus untuk mengetahui pengaruh penggunaan tindakan terhadap peningkatan kompetensi guru. Selain itu juga digunakan sebagai pedoman dalam perencanaan tahap selanjutnya. Hasil dari penelitian ini adalah meningkatnya kompetensi guru SMPN 3 Muko Muko Bathin VII dalam menyusun RPP yang berorientasi PPK, GLN dan HOTS.  Peningkatan kemampuan guru menunjukkan peningkatan dari siklus 1 ke siklus 2 dimana dalam merancang penguatan pendidikan karakter selalu konsisten, kemampuan menyusun gerakan Literasi Nasional sebesar 18.2% dan  kemampuan menyusun  pembelajaran High Order Thinking Skill sebesar  27,3% sedangkan dalam pelaksanaan pembelajaran guru tetap konsisten mengembangkan penguatan pendidikan karakter, melaksanakan gerakan Literasi Nasional sebesar 18.2% serta peningkatan pelaksanaan pembelajaran HOTS sebesar 9.1%. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa supervisi merupakan tindakan yang tepat dalam meningkatkan kompetensi guru SMPN 3 Muko Muko Bathin VII dalam menyusun RPP.

References

Kemendikbud. (2018). Buku Pegangan Pembelajaran Berorientasi pada Keterampilan Berpikir Tingkat Tinggi. Program Peningkatan kompetensi pembelajaran berbasis zonasi. Jakarta: Direktorat Jenderal Guru dan Tenaga Kependidikan Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Permendikbud RI Nomor 37. (2018). perubahan atas Permendikbud RI nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Inti dan Kompetensi Dasar pada Kurikulum 2013 pada pelatihan instruktur program PKB melalui PKP berbasis Zonasi di Jakarta, Agustus 2019.

Malawi, I., Tryanasari, D., & Riyanto, E. (2017). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Kurikulum 2013 di Sekolah Dasar. Ilmu Pendidikan: Jurnal Kajian Teori dan Praktik Kependidikan, 2(1), 1–7. https://doi.org/10.17977/um027v2i12017p001

Sari, A. K., & Trisnawati, W. (2019). Integrasi Keterampilan Abad 21 Dalam Modul Sociolinguistics: Keterampilan 4c (Collaboration, Communication, Critical Thinking, Dan Creativity). Jurnal Muar Pendidikan, Vol 4 No (2), Desember 2019 Hal 455-466.

Wiyoko, T. (2019). The Analysis Of Pgsd Students’ Misconception Of Diagnostic Test Result In Work And Energy Material. Curricula, 4(2), 58. https://doi.org/10.22216/jcc.2019.v4i2.3869

Published
2020-06-03
How to Cite
Hastutik, W. (2020). MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU DALAM MENYUSUN RPP BERORIENTASI PPK, GLN DAN HOTS MELALUI SUPERVISI. Jurnal Muara Pendidikan, 5(1), 521-532. Retrieved from http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/mp/article/view/270