DETERMINAN MINAT MAHASISWA MENJADI GURU

  • Caubita Valentin Universitas PGRI Madiun
  • Satrijo Budiwibowo Universitas PGRI Madiun
  • Nur Wahyuning Sulistyowati Universitas PGRI Madiun
Keywords: Environment, Micro Teaching, Internship III, Interest

Abstract

The purpose of this study was to determine the interest of students to become teachers in students of Accounting Education Study Program FKIP XYZ University. This study uses quantitative methods with descriptive statistical data analysis techniques. The sampling technique uses purposive sampling. Data collection of this study using a questionnaire. The results obtained from this study are family environment, microo teaching, apprenticeship III affect the interest of students to become teachers. Can be seen by the motivation given and the economic situation in the family environment, the ability to manage the class in microo teaching, as well as teaching and non-teaching activities that exist in apprenticeship III.

 

References

Ambarawati, M. 2016. Analisis Keterampilan Mengajar Calon Guru Pendidikan Matematika Pada MataKuliah Micro Teaching. PEDAGOGIA: Jurnal Pendidikan, 5(1), 81–90.

Anis, A., & Latifah, L. 2014. Analisis Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi Guru Akuntansi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2010 Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal, 3(2), 232–240.

Ardyani, A., & Latifah, L. 2014. Analisis Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi Guru Akuntansi Pada Mahasiswa Prodi Pendidikan Akuntansi Angkatan 2010 Universitas Negeri Semarang. Economic Education Analysis Journal, 3(2), 232–240.

Baharun, H. 2016. Pendidikan Anak Dalam Keluarga; Telaah Epistemologis. Pedagogik;Pendidikan Anak, 3(2), 96–107.

Dalyono, M. 2012. Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Hidayat, B. 2016. Analisis Keterlaksanaan Program Perkuliahan Micro Teaching Berbasis Lesson Study Di Program Studi Pendidikan Sejarah FKIP UM Metro. Historia, 4(2), 75–80.

Khasbulloh, M. N. 2018. Relevansi Sikap Dan Minat Mahasiswa Dengan Kesiapan Menjadi Guru Profesional Pada Jurusan Pendidikan Aagama Islam IAIN Kediri: Sebuah Analisis Multiple Linear Regression, (14), 103–113.

Muhammad, W., Susilaningsih, & Elvia, I. 2016. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi Guru Pada Prodi Pendidikan Aakuntansi FKIP UNS. Jurnal “Tata Arta” UNS, 2(1), 12–25.

Ningrum, P, K., Susilaningsih, & Sumaryati, S. 2013. Hubungan Antara Minat Menjadi Guru Dan Lingkungan Keluarga Dengan Prestasi Belajar. Jurnal Pendidikan Ekonomi UNS, 2(1), 59–71.

Novitasari, F., Ngadiman, & S, S. 2013. Pengaruh Program Pengalaman Lapangan Terhadap Kesiapan Mahasiswa Prodi Ekonomi FKIP UNS Menjadi Tenaga Pendidikan. Jurnal Pendidikan UNS, 1(2), 1–13.

Nurcahyo, R. W. 2015. Praktik Pengalaman Lapangan Dan Dampaknya Terhadap Kompetensi Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika dan Komputer. Jurnal Pendidikan Vokasi, 5(2), 236–247.

Nurmala, S. 2012. Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Siswa Untuk Melanjutkan ke Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Kependidikan, 42(2), 162–172.

Prastyono, & Susanto, A. 2016. Pengaruh Praktik Pengalaman Lapangan (PPL) Dan Prestasi Belajar Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Otomotif Universitas Muhammadiyah Purworejo. Jurnal Pendidikan Otomotif_Universitas Muhammadiyah Purworejo, 8(2), 166–171.

Saputro, H., & Talan, Y. O. 2018. Pengaruh Lingkungan Keluarga Terhadap Perkembangan Psikososial Pada Anak Prasekolah. Journal Of Nursing Practice, 1(1), 1–8.

Sari, D. R. C. 2018. Pengaruh Pengalaman PPP, Lingkungan Keluarga, Dan Teman Sebaya Terhadap Minat Menjadi Guru Pada Mahasiswa Pendidikan Ekonomi. JUPE, 6(3), 161–168.

Setiawan, D., & Sukanti. 2016. Pengaruh Ekspektasi Pendapatan, Lingkungan Keluarga dan Pendidikan Kewirausahaan terhadap Minat Berwirausaha. Jurnal Profita, 4(7), 1–12.

Simamora, E. F., Achmadi, & Okiana. 2015. Pengaruh PPL Terhadap Minat Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Ekonomi Di Universitas Tanjungpura Pontianak. Jurnal Profita Kajian Ilmu Akuntansi, 4(7), 1–12.

Slameto. 2013. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Wahyudin, & Sutikno. 2010. Keefektifan Pembelajaran Berbantuan Multimedia Menggunakan Metode Inkuiri Terbimbing Untuk Meningkatkan Minat Dan Pemahaman Siswa. Jurnal Pendidikan Fisika Indonesia, 6, 58–62.

Wildan, M., Susilaningsih, & E, I. 2016. Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Minat Mahasiswa Menjadi Guru Pada Prodi Pendidikan Akuntansi FKIP UNS. Tata Arta, Vol 2(2), 12–25.

Yetti, R. 2009. Pengaruh Keterlibatan Orang Tua Terhadap Minat Membaca Anak Ditinjau Dari Pendekatan Stres Lingkungan, 9(1), 17–28.

Yulaini, E. 2018. Hubungan Pemahaman Profesi Kependidikan Dengan Minat Menjadi Guru Mahasiswa Pendidikan Akuntansi Universitas PGRI Palembang, 5(1), 59–70.

Yulianto, A., & Khafid, M. 2016. Economic Education Analysis Journal, 5(1), 100–114.

Published
2019-10-10
How to Cite
Valentin, C., Budiwibowo, S., & Sulistyowati, N. (2019). DETERMINAN MINAT MAHASISWA MENJADI GURU. Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 366-378. Retrieved from http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/mp/article/view/173