PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PGSD STKIP-MB

  • megawati mega STKIP Muhammadiyah Muara Bungo
  • Subhanadri Subhanadri STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO
Keywords: NHT approach, achievement motivation, learning outcomes.

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian  tindakan kelas, bertujuan mendeskripsikan proses keterlaksanaan dan pencapaian hasil setiap siklus tindakan melalui penerapan pendekatan NHT dalam meningkatkan motivasi berprestasi dan hasil belajar mahasiswa. Penelitian ini dilaksanakan di Prodi PGSD STKIP-MB dengan subyek penelitian mahasiswa semester 3 kelas C pada mata kuliah pembelajaran IPA kelas rendah. Instrumen penelitian berupa lembar observasi motivasi berprestasi, lembar observasi sikap, lembar observasi keterampilan, dan soal tes hasil belajar kognitif.  Penelitian ini berhasil dilaksanakan dalam 3 siklus tindakan. Setiap siklus tindakan mencakup kegiatan perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Hasil penelitian menunjukkan persentase motivasi berprestasi pada siklus I mencapai 60,71%, pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 71,40%, dan pada siklus III berhasil meningkat mencapai 85,71%. Persentase sikap pada siklus I mencapai 75,10%, pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 83,75%, dan pada siklus III berhasil meningkat mencapai 91,24%. Persentase keterampilan pada siklus I mencapai 73,75%, pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 82,50%, dan pada siklus III berhasil meningkat mencapai 92,50%. Hasil belajar kognitif pada siklus I mencapai 58,62 (kategori rendah), pada siklus II mengalami peningkatan sebesar 68,96 (kategori sedang), dan pada siklus III berhasil meningkat mencapai 82,75 (kategori tinggi). Hal ini dapat disimpulkan bahwa penerapan pendekatan NHT dapat meningkatkan motivasi berprestasi dan hasil belajar mahasiswa.

References

Zainal, Aqib, dkk. 2011. Penelitian Tindakan Kelas Untuk Guru SD, SLB, dan TK. Bandung:Yrama Widya.

Ibrahim, Muslimin, dkk. 2005. Pembelajaran Kooperatif. Surabaya: Unesa University Press.

Kemendikbud RI. 2013. Bahan Pelatihan Kurikulum 2013. Jakarta.

Kemmis, S. & McTaggart, R. 1998. The action research planner. Deaken University: Victoria.

Linda, Desvitasari. 2012. Peningkatan Motivasi dan Pemahaman Konsep IPA dengan Menggunakan VCD Pembelajaran Pada Siswa Kelas IV Karangmojo. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta.

Purwanto. 2009. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Rudy, Fatchurrohman. 2011. Pengaruh Motivasi Berprestasi Terhadap Kesiapan Belajar, Pelaksanaan Prakerin, dan Pencapaian Kompetensi Mata Pelajaran Produktif. Jurnal Invotec. Volume VII, No 2, Agustus 2011: 175-188.

Sani, Ridwan Abdullah. 2014. Pembelajaran Saintifik Untuk Implementasi Kurikulum 2013. Jakarta: Bumi aksara.

Sapriya, dkk. 2007. Pengembangan Pendidikan IPS di SD. Bandung: UPI Press.

Thoha, Miftah. 2008. Perilaku Organisasi Konsep Dasar dan Aplikasi. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Trimo, Lavyanto. 2012. Model-Model Pembelajaran Inovatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Published
2019-10-10
How to Cite
mega, megawati, & Subhanadri, S. (2019). PENERAPAN PENDEKATAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE NUMBER HEAD TOGETHER (NHT) DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BERPRESTASI DAN HASIL BELAJAR MAHASISWA PGSD STKIP-MB. Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 342-356. Retrieved from http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/mp/article/view/169