MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN DALAM MENYUSUN RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN DI TK NEGERI PEMBINA II KECAMATAN TUNGKAL ILIR

  • Nila waty TK NEGERI PEMBINA II KECAMATAN TUNGKAL ILIR
Keywords: Rencana Kerja Mingguan (RKM), Rencana Kerja Harian (RKH), bimbingan berkelanjutan

Abstract

Penelitian Tindakan Sekolah (PTS) ini bertujuan untuk meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran melalui bimbingan berkelanjutan di sekolah tempat peneliti bekerja. Pada siklus pertama semua guru  mencantumkan penilaian hasil belajar dalam RKH-nya meskipun sub-sub komponennya (teknik, bentuk instrumen), dan pedoman penskoran. Jika dipersentasekan, 62,50%. satu orang  mendapat skor 2 (cukup baik), dan satu orang mendapat skor 3 (baik). Pada siklus kedua semua guru tersebut mencantumkan penilaian hasil belajar dalam RKH-nya meskipun ada guru yang masih keliru dalam menentukan teknik dan bentuk penilaiannya. Satu  orang mendapat skor 3 (baik) dan satu orang mendapat skor 4 (sangat baik). Jika dipersentasekan, 87,50%, terjadi peningkatan 12,50% dari siklus I. Oleh karen itu dari penelitian ini di harapkan perlu adanya pembinaan kepada guru dalam penyusunan RKH, RKM dan perangkat administrasi pembelajaran lainnya. Sehingga dengan adanya pembinaan tersebut guru-guru semakin lebih kompeten dalam menyusun administrasi pembelajarannya.

References

Kartiani, Baiq Sarlita. Pengaruh Metode Pembelajaran Dan Motivasi Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPS Kelas V Kabupaten Lombok Barat NTB. Jurnal Pendidikan Dasar. Vol 6 No 2 Desember 2015 Hal 212-221

Naway, Fory A. 2016. Strategi Pengelolaan Pembelajaran. Gorontalo : Ideas Publishing

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 Tentang Guru Dan Dosen

Suharningsih. 2016. Pelaksanaan Bimbingan Berkelanjutan Sebagai Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Dalam Menyusun Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Di SD N Bandungrejo 1 Pada Semester Gasal Tahun Pelajaran 2014/2015. Jurnal Penelitian Pendidikan Vol. 33 Nomor 1 Tahun 2016

Windayana, Husen. 2012. Penelitian Tindakan Sekolah. EduHumaniora Jurnal Pendidikan Dasar. Vol 4 No 1 Tahun 2012.

Published
2019-10-10
How to Cite
waty, N. (2019). MENINGKATKAN KOMPETENSI GURU MELALUI BIMBINGAN BERKELANJUTAN DALAM MENYUSUN RENCANA PROGRAM PEMBELAJARAN HARIAN DI TK NEGERI PEMBINA II KECAMATAN TUNGKAL ILIR. Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 357-365. Retrieved from http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/mp/article/view/161