OPTIMALISASI PERAN PENGAWAS SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI GURU BAHASA INDONESIA KABUPATEN SAROLANGUN

  • el miati SMP NEGERI 2 Sarolangun
  • Yahfenel Evi Fussalam STKIP Muhammadiyah Muara Bungo
  • Yelia Yelia Universitas Jambi
Keywords: Optimalization, Supervisor, Competence, Teacher

Abstract

Penelitian ini melihat peran dan tugas pengawas dalam meningkatkan kompetensi guru. Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisa bagaimana peran pengawas sekolah SMP terhadap optimalisasi kompetensi guru Bahasa Indonesia di SMPN 5 Sarolangun termasuk faktor pendukung dan penghambat pengawasan tersebut. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan tiga instrumen utama; observasi, wawancara dan dokumentasi. Pemilihan  informan  dalam penelitian ini dengan menggunakan teknik purposive sampling. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Pengawas sekolah telah berupaya semaksimal mungkin meningkatkan kompetensi guru dengan perencanaan yang baik, kegiatan supervisi (akademik dan manajerial), dan evaluasi pendidikan, meskipun hasil belum efektif terlaksana, (2) beberapa faktor pendukung seperti yang menyebabkan kurang optimalnya peran pengawas sekolah seperti  keterbatasan sarana dan prasarana dan rendahnya motivasi guru dalam mengikuti kegiatan pembinaan. Meskipun demikian, sekolah ini juga memiliki faktor pendukung dalam pengawasan dalam bentuk workshop, pelatihan guru, dan kunjungan-kunjungan.

References

Daryanto. (2010). Administrasi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta

Fattah, Nanang. (2008). Landasan Manajemen Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosda Karya.

Herabudin. (2009). Administrasi & Supervisi Pendidikan. Bandung: CV, Pustaka Setia.

KBBI, (2016). Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI). [Online] Available at: http://kbbi.web.id/pusat, [Diakses 22 Februari 2019]

Miles, Matthew B. and A. Michael Huberman. (2005). Qualitative Data Analysis (terjemahan). Jakarta : UI Press.

Moleong, Lexy. (2004). Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: PT.Remaja Rosda Karya.

Sagala, Syaiful. (2011). Kemampuan Profesioanl Guru dan Tenaga Kependidikan. Bandung: Alfabeta.

Sahertian, Piet A. (2000). Konsep Dasar Dan Teknik Supervisi Pendidikan. Dalam Rangka Mengembangkan Sumber Daya Manusia. Jakarta: Rineka Cipta.

Suhardan, Dadang. (2007). Efektivitas Pengawasan Profesional dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran pada Era Otonomi Daerah. Jurnal EDUCATIONIST No. I Vol. I Januari 2007 ISSN : 1907 – 8838.

TIM DOSEN. (2010). Administrasi Pendidikan Universitas Pendidikan Indonesia, Manajemen Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Published
2019-07-30
How to Cite
miati, el, Fussalam, Y., & Yelia, Y. (2019). OPTIMALISASI PERAN PENGAWAS SEKOLAH TERHADAP PENINGKATAN KOMPETENSI GURU BAHASA INDONESIA KABUPATEN SAROLANGUN. Jurnal Muara Pendidikan, 4(1), 306-320. Retrieved from http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/mp/article/view/134