PENINGKATAN KONSENTRASI SISWA DENGAN METODE PICTURE TO PICTURE PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KEWARGANEGARAAN DI KELAS VII3 SMP NEGERI 7 MUARA BUNGO

  • Asna Asna SMP NEGERI 7 MUARA BUNGO
Keywords: student concentration, Picture To Picture

Abstract

Konsentrasi belajar siswa akan memberikan pengaruh terhadap proses dan hasil belajar yang diperoleh siswa. Siswa yang memiliki konsentrasi rendah maka kualitas belajarnya juga rendah. Oleh karena itu, Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan konsentrasi siswa pada mata pelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian yaitu siswa kelas VII3 SMPN 7 Muara Bungo sebanyak 32 siswa.  Penelitian tindakan kelas dilaksanakan sebanyak dua siklus dengan prosedur; 1) Perencanaan, 2) Tindakan, 3) Refleksi dan 4) Evaluasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode picture to picture dapat meningkatkan konsentrasi belajar siswa. hal ini ditandai dengan meningkatnya ketuntasan hasil belajar siswa dari siklus I hanya 65.62% meningkat menjadi 87.50% di siklus II. Kemudian daya serap siswa dalam pembelajaran PPKn dengan menggunakan metode picture to picture meningkat dari siklus I sebesar 68.90% menjadi 88.59% di siklus II. Serta meningkat aktivitas belajar siswa dari siklus I 68.75% meningkat menjadi 84.37% pada siklus II dengan kategori baik

References

Arikunto, Suharsimi. 2010. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Aksara.

Aviana. 2015. Pengaruh Tingkat Konsentrasi Belajar Siswa Terhadap Daya Pemahaman Materi Pada Pembelajaran Kimia di SMA Negeri 2 Batang. Jurnal Pendidikan Sains Volume 03 Nomor 01 Maret 2015

Hamdani. 2011. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Kuraedah dan La Saliadin. 2016. Penerapan Metode Picture And Picture Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas VB Di Min Konawe Selatan Kec. Konda Kab. Konawe Selatan. Jurnal Al-Ta’dib Vol. 9 No.1, Januari-Juni.

Najahah. 2015. Potensi Daya Serap Anak Didik Terhadap Pelajaran. Jurnal Lentera :Kajian Keagamaan, Keilmuan dan Teknologi

Satriani. 2016. Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Pokok Bahasan Rantai Makanan Dengan Menggunakan Metode Picture And Picture Di Kelas IV SDN I Labuan Lobo Kabupaten Tolitoli. Jurnal Kreatif Tadulako Online Vol. 4 No. 9 ISSN 2354-614X.

Published
2019-06-30
How to Cite
Asna, A. (2019). PENINGKATAN KONSENTRASI SISWA DENGAN METODE PICTURE TO PICTURE PADA PEMBELAJARAN PENDIDIKAN PANCASILA KEWARGANEGARAAN DI KELAS VII3 SMP NEGERI 7 MUARA BUNGO. Jurnal Muara Pendidikan, 4(1), 268-275. Retrieved from http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/mp/article/view/129