MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS VI SD NEGERI 62/II PADANG LALANG DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION)

  • ASMAWATI ASMAWATI SD Negeri 62/II Padang Lalang
Keywords: Hasil Belajar, model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted individualization)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui keefektifan model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization). Dari hasil-hasil penelitian dilakukan pembelajaran tentang konduktor dan isolator dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization). Secara khusus bahwa pembelajaran dengan menggunakan model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) lebih meningkatkan hasil belajar, penggunaan model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) membuat kegiatan pembelajaran lebih menyenangkan, siswa terlibat aktif dan siswa menguasai pembelajaran. Pada siklus I sebanyak 5 orang (29,41%) yang mengajukan pendapat dan pada siklus II meningkat menjadi  13 orang (76,47 %). Siswa yang aktif dalam diskusi juga meningkat yaitu pada siklus I sebanyak 6 orang (35,29%) dan meningkat pada siklus II meningkat menjadi 14 orang (82,35%).Kemudian aktivitas menjawab pertanyaan juga meningkat pada siklus I sebanyak 6 orang (35,29 %) dan pada siklus II meningkat menjadi 15 orang (88,23 %). Kemudian aktivitas membantu mengerjakan tugas juga meningkat yaitu sebanyak 11 orang pada siklus I kemudian sebanyak 17 orang (100%) pada siklus II. Jadi model pembelajaran Kooperatif Tipe TAI (Team Assisted Individualization) efektif untuk meningkatkan aktivitas dna hasil belajar siswa.

References

Badan Standar Nasional Pendidikan. (2006). Panduan Penyusunan Kurikulum Tingkat Tingkat Satuan Pendidikan Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah Jakarta: BSNP.

Depdiknas. (2004). Kurikulum Pendidikan Dasar. Dirjen Dikdasmen

Depdikbud. (1998). Petunjuk Pelaksanaan Kegiatan Belajar Mengajar Kelas VI Sekolah Dasar. Jakarta Dirjen Dikdasmen

Depdikbud. (1997). Ilmu Pengetahuan Alam Petunjuk Guru Sekolah Dasar Kelas 6. Jakarta Dirjen Dikdasmen

Kasihani Kasbolah. (1998). Penelitian Tindakan Kelas Dirjen Pendidikan. Tinggi Proyek Pendidikan Guru Sekolah Dasar

Nana Sujana. (1991). Media Pengajaran. Pusat Penelitian dan Pembidangan Ilmu Lembaga Penelitian IKIP. Bandung : Sinar Baru

Ngalimun Purwanto. (1997). Psikologi Pendidikan. Bandung : Remaja Rosda Karya

Tim Bina Karya Guru. (2008). IPA SD untuk Sekolah Dasar Kelas VI. Jakarta : Penerbit Erlangga

Winataputra, U. (2001). Model-Model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Dapdiknas

Published
2019-06-30
How to Cite
ASMAWATI, A. (2019). MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA DI KELAS VI SD NEGERI 62/II PADANG LALANG DENGAN PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAI (TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION). Jurnal Muara Pendidikan, 4(1), 258-267. Retrieved from http://ejournal.stkip-mmb.ac.id/index.php/mp/article/view/112