PELATIHAN PEMASARAN PRODUK LOKAL SECARA ONLINE KEPADA MASYARAKAT DESA ABURAN BATANG TEBO KECAMATAN TEBO TENGAH

  • renda Lestari STKIP Muhammadiyah Muara Bungo
  • Yogi Irdes Putra STKIP Muhammadiyah Muara Bungo
  • Muhammad Hakiki STKIP Muhammadiyah Muara Bungo
Keywords: Pelatihan, penjualan online, sosial media, marketplace

Abstract

Permasalahan yang dihadapi oleh masyarakat saat ini adalah belum bisa memanfaatkan internet sebagai sarana promosi produk lokal khususnya media sosial. Masyarakat Indonesia khususnya desa aburan batang tebo masih menggunakan metode lama atau offline serta kurang nya keingintahuan mereka untuk mencari informasi dan cenderung pasrah dengan keadaan. Selain itu, kemasan produk makanan atau kerajinan tangan didesa tersebut kurang menarik dan kurang memiliki nilai jual.Berangkat dari permasalahan inilah kami pelaksanakan pengabdian masyarakat yang berjudul pelatihan pemasaran produk lokal secara online kepada masyarakat desa aburan batang tebo kecamatan tebo tengah.Tujuan dari kegiatan pelatihan dan pendampingan pemasaran secara online ini adalah bentuk pengabdian masyarakat dalam bermitra dengan desa aburan guna meningkatkan penjualan produk mereka melalui pemasaran online.Pelaksanaan pengabdian masyarakat ini dalam bentuk pelatihan pemasaran produk dengan memanfaatkan media sosial dan marketplace.Kegiatan ini dilaksanakan di desa aburan batang tebo,kecamatan Tebo tengah Kabupaten Tebo.sasaran nya adalah masyarakat desa aburan yang berasal dari seluruh lapisan masyarakat tanpa membedakan gender atau usia.Materi yang kami sampaikan meliputi pemasaran produk lokal secara online melalui media social dan juga memanfaatkan marketplace sebagai salah satu media promosi serta pendampingan design produk.kegiatan ini dilaksanakan selama 2 hari dengan jumlah peserta sebanyak 45 orang. Metode yang digunakan alah ceramah dan pembagian materi dalam bentuk hardcopy. Gadget dan wifi adalah media yang digunakan dalam menunjang pelaksanaan kegiatan ini.Hasil dari kegiatan ini adalah meningkatnya keterampilan dan pengetahuan peserta serta mereka dapat membuat dan memanfaatkan seluruh akun social media untuk mempromosikan produk serta membuat akun di marketplace yang telah meereka tentukan dan juga para peserta bisa mendesign kemasan produk sesuia dengan keinginan mereka tentu saja dengan design yang menarik dan memiliki nilai jual.

References

Ahmadi, Candra. Hermanwan, Dadang.2018. E-bussniness & E-Commerce. Yogyakarta: Andi Publisher

Angelina Diah Kusumasari dan Supriono. 2017. Pengaruh desain kemasan produk dan daya tarik iklan terhadap brand awareness serta dampaknya pada keputusan pembelian Wardah Exclusive Matte Lip Cream. Jurnal Administrasi Bisnis (JAB), Vol. 49 No. 2 Agustus 2017

Christine Suharto Cenadi, (2000). Peranan Desain Kemasan Dalam Dunia Pemasaran. Jurnal Desain Komunikasi Visual Nirmala, Vol. 2, ISSN 0215-0905

Flimmerce. 2018. Memilih marketplace yang cocok untuk memasarkan produk anda”. Diakses 25 Juli 2018 dari http://flimmerce.com /blog/read/memilih-market place-yang-cocok-untuk-memasarkan-produk-anda/47.

John Heskett, 2002. Design a very short introduction. Oxfort University Press Inc: Newyork

Makmur, Rakhmat, 2011. Bisnis Online. Yogyakarta: Informatika

Natasya. 2018. Apa itu Marketplace. From https:dewaweb.com/blog/apa-itu-marketplace/.

Published
2020-02-24