PENGENALAN OPEN ENDED PROBLEM UNTUK GURU SD NO. 166/II DESA TIRTA MULYA DALAM PEMBELAJARAN

  • Puput Wahyu Hidayat STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO
  • Jhony Hendra STKIP MUHAMMADIYAH MUARA BUNGO
Keywords: Open Ende;, Pembelajaran

Abstract

Salah satu pembelejaran yang dapat dilakukan oleh guru adalah dengan menggunakan pembelajaran open ended ataupun memberikan pembelajaran dengan soal open ended. Pembelaran open ended adalah pembelajaran yang dilaksanakan dengan menentukan masalah, dan masalah tersebut harus dieselesaikan secara terbuka. Tujuan dari pelaksanaan pengabdian kepada masyarakat ini adalah agar setelah melaksanakan program, masyarakat dapat meningkatkan kemampuan guru dalam melaksanakan pembelajaran open ended. Kemudian, Membina hubungan baik dengan guru di SDN 166/II Tirta Mulya. Beberapa hal yang dapat disimpulkan dari hasil kegiatan Pengabdian Kepada Masyarakat, ini adalah Pemahaman guru tentang pembelajaran open ended sudah baik dan pemahaman guru tentang pengembangan soal open ended sdah cukup baik.

References

Apertha, F.K.P., Zulkardi., Yusup, M. 2018. Pengembangan Lkpd Berbasis Open-Ended Problempada Materi Segiempat Kelas VII. Jurnal Pendidikan Matematika. Vol. 12, No. 2, 47-62.

Azhar Arsyad. (2004). Media Pembelajaran. Jakarta:Raja Grafindo.

Becker, J. & Shimida, S. 1997. The open ended approach: a new prposal for teaching mathematics. Reston, VA: NCTM

Fitri, Anisatul. 2012. Pengaruh Pembelajaran Matematika Berbasis Problem Open Ended terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah. Skripsi. IAIN Syekh Nurjati Cirebon (tidak dipublikasikan)

Kemendikbud. 2014. Permendikbud Nomor 103 Tahun 2014 tentang Standar Proses. Jakarta: Kemendikbud.

Mahmudi, A. 2008. Mengembangkan Soal Terbuka (Open-Ended Problem) dalam Pembelajaran Matematika.

Suherman, E, et.al. 2001. Strategi Pembelajaran MatematikaKontemporer.Bandung: JICA-UPI.

Widjajanti, E. 2008. Kualitas Lembar Kerja Siswa. Makalah dalam Kegiatan Pengabdian Masyarakat. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Published
2020-03-03