PENGARUH METODE CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) MODEL TREEFINGER TERHADAP HASIL BELAJAR PERAKITAN KOMPUTER PADA SISWA KELAS X TEKNIK KOMPUTER JARINGAN SMK N 1 RAO SELATAN

Muhammad Hakiki, Radinal Fadli, Ranny Meilisa

  • Muhammad Hakiki
Keywords: Pendidikan, Pendidikan Teknologi Informasi, Penelitian Eksperimen

Abstract

Abstrak — Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan metode pendekatan penelitian yang digunakan adalah true eksperimen dengan desain penelitian Posttest-only Control Design. Penelitian ini dilakukan di SMK N 1 Rao Selatan. Populasi dalam penelitian ini yaitu siswa kelas X Jurusan Teknik Komputer dan Jaringan SMK N 1 Rao Selatan. Teknik Pengambilan sampel yang digunakan adalah total sampling atau juga disebut dengan penelitian populasi. Untuk menentukan kelas eksperimen dan kelas kontrol dilakukan dengan gulungan kertas. Kelas X TKJ 2 terpilih sebagai kelas Eksperimen dan kelas X TKJ 1 terpilih sebagai kelas Kontrol. Berdasarkan hasil penelitian, rata-rata hasil belajar siswa pada kelas eksperimen sebesar 80,90 sedangkan pada kelas kontrol 74,84. Dari uji analisis data didapatkan bahwa data normal dan homogen. Hasil pengujian pada taraf signifikansi α 0.05 (taraf kepercayaan 95%) didapatkan nilai thitung=3,498 dan ttabel=2,000 sehingga diperoleh thitung > ttabel (3,498>2,000). Dengan demikian H0 ditolak dan Ha diterima. Jadi, kesimpulannya adalah terdapat pengaruh yang signifikan pada metode pembelajaran Creative Problem Solving (CPS) Model Treefinger terhadap hasil belajar Perakitan Komputer pada siswa kelas X Program Keahlian Teknik Komputer Jaringan SMK N 1 Rao Selatan.

 

Kata kunci : Eksperimen, Creative Problem Solving (CPS) Model Treefinger, Hasil Belajar.

Published
2020-01-11